Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Tanggap Darurat Wereng Batang Coklat

18 April 2024 10:56:07  Administrator  40 Kali Dibaca  Berita Desa

Masuk pertama setalah libur dan cuti Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Lurah Kebonharjo mendapat keluhan warga gagal panen (puso) karena serangan wereng batang coklat (WBC). Setelah dilakukan pemetaan dan komunikasi dengan dukuh diperkirakan dari 26,6 Ha sawah di Kebonharjo, ada 21,5 Ha sawah yang gagal panen akibat serangan WBC. Hal inilah yang memicu Lurah Kebonharjo mengirimkan surat resmi kepada Dinas Pertanian dan Ketahahan Pangan DIY, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, dan BPP Samigaluh untuk segera bertindak membantu petani di Kebonharjo.

Rabu (17/4), Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Balai  UPT Balai  Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan kunjungan langsung dan koordinasi dengan pihak pemerintah Kalurahan guna membahas tindak lanjut penanganan serangan WBC di Kalurahan Kebonharjo.

Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, drh. Drajat Purbadi, M.Si menyampaikan bahwa hama wereng batang coklat hampir merata di Kabupaten Kulon Progo dan yang paling banyak sampai tahap over brown dibanding kabupaten lain di DIY. ”Beberapa langkah yang telah dan akan kami tempuh meliputi gerakan pengendalian hama untuk menyelamatkan tanaman lain, memperbesar anggaran belanja pestisida kimia, dan memberikan bantuan benih setelah puso berakhir, ’’ ungkap beliau. Saat kunjungan juga telah membawakan 2 dus pestisida kimia dengan merk yang berbeda.

Perwakilan dari UPT Balai  Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) Yogyakarta bersedia memberikan bimtek dan pendampingan langsung kepada petani dalam melakukan penyemprotan pestisida kimia pengendali wereng.

Berdasar hasil koordinasi dan diskusi maka disepakati pada Kamis, 18 April 2024 akan dilakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh ketua kelompok tani Kebonharjo. Selanjutnya pelaksanaan penyemprotan peskim serentak dilakukan Jum’at, 19 April 2024 untuk dosis 1 dan Senin, 22 April 2024 untuk dosis kedua.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:26
    Kemarin:707
    Total Pengunjung:311.820
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.151.141
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID