Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kebonharjo Rencanakan Penanaman Jagung Paska Puso

18 April 2024 10:57:54  Administrator  32 Kali Dibaca  Berita Desa

Gagal panen (puso) akibat hama wereng batang coklat yang dialami sebagian besar petani di Kebonharjo perlu solusi tanaman pengganti guna menjaga ketahanan pangan dan keberlangsungan kesejahteraan petani. Berdasarkan diskusi antara Pemerintah Kalurahan Kebonharjo, Dinas Pertanian dan Ketahahan Pangan DIY, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, dan BPP Samigaluh maka jenis tanaman pengganti yang akan ditanam petani adalah jagung.

Berdasarkan perhitungan kebutuhan bibit jagung untuk ditanam di sawah Kebonharjo seluas 21,5 Ha kurang lebih 325 kg. Pada acara koordinasi dan komunikasi dengan seluruh ketua kelompok tani yang berlangsung di Pendopo Kalurahan Kebonharjo (18/4), Sugimo Lurah Kebonharjo telah menyampaikan stok bibit jagung yang ada di Kebonharjo.

“Tahun ini ada bantuan bibit jagung dari BPP Samigaluh untuk kelompok tani Jeringan dan Kleben masing-masing dengan luasan tanam 4 Ha, luasan tanam 2 Ha lokasi tata Kelola pertanahan dan 2 Ha Kawasan lumbung mataraman akan diakomodir dari APBKal. Selanjutnya Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo memberikan bantuan 100 kg bibit jagung dan dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Yogyakarta akan memberikan bantuan bibit jagung pulut sejumlah 25 kg,” ungkap Sugimo.

Petani yang tanaman padinya sudah tidak bisa diselamatkan dari hama wereng batang coklat agar segera membersihan dan menyiapkan lahan guna penanaman jagung.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:687
    Kemarin:309
    Total Pengunjung:311.774
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.25.74
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID