Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Musrenbangkal RKPal Kebonharjo Berlangsung di Akhir Bulan Agustus

31 Agustus 2023 14:40:47  Administrator  541 Kali Dibaca  Program Kerja

Pemerintah Kalurahan Kebonharjo pada Selasa, 29 Agustus 2023 menyelenggarakan Musrenbangkal RKP 2023 dan DU RKP 2025 di Pendopo Kalurahan Kebonharjo. Musyawarah  dihadiri  oleh Panewu Samigaluh, pendamping desa, Lurah, unsur Pamong Kalurahan, BPK, tim verifikasi, lintas sektoral, dan wakil - wakil kelompok masyarakat. Materi yang dibahas dalam musyawarah  perencanaan  pembangunan  Kalurahan adalah Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Tahun 2024,  prioritas program dan kegiatan, dan Daftar Usulan RKP (DURKP) 2025 yaitu Usulan prioritas program dan kegiatan pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan kepada Pemerintah, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan/atau Pemerintah Daerah Kulon Progo untuk tahun 2025.

Musyawarah dipimpin Sugimo, Lurah Kebonharjo. Narasumber musrenbangkal terdiri dari Dwi Budiatun selaku ketua tim penyusun RKP, Adi prasetyani selaku pendamping desa, dan Ridwan Usman Panewu Samigaluh.

Dalam penyampaian materi, Adi menyampaikan bahwa penyusunan RKP harus ditetapkan paling lambat bulan September. “Meskipun prosentase penggunaan prioritas Dana Desa tahun 2024 belum resmi dikeluarkan oleh kementrian terkait, tapi saya yakin pemerintah kalurahan sudah terbiasa dan siap untuk refocusing anggaran seperti tahun-tahun sebelumnya, “tandas Adi.

Siti Nuryati selaku tim verifikasi dokumen perencanaan Kebonharjo mengemukakan keseluruhan tim verifikasi yang diambil dari perwakilan warga masyarakat merupakan suatu bentuk transparansi pemerintah Kalurahan dalam penganggaran kepada masyarakat. Rekomendasi dari tim meliputi perlu lampiran penerima manfaat, desain gambar, dan pemetaan lokasi rawan bencana.

Saat pemaparan rancangan RKP 2024, Dwi Budiatun menyampaikan bahwa tahun 2024 pemerintah kalurahan harus mengakomodir kenaikan siltap pamong, siltap lurah, tunjangan kehormatan BPK, honorarium tendik PAUD, dan kader Posyandu. Berdasarkan rekomendasi pendamping desa, kegiatan pembangunan corblok di 4 padukuhan direncanakan dengan besaran HOK sesuai SNI.

Panewu Samigaluh, Ridwan Usman menyampaikan sambutan di akhir acara. "Saya yakin sinergi yang harmonis antara lurah, pamong, BPK, dan kelembagaan masyarakat di Kebonharjo tentunya akan merencanakan pembangunan yang sesuai kebutuhan masyarakat, "ungkapnya.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah perencanaan pembangunan Kalurahan menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah perencanaan pembangunan Kalurahan dalam rangka penyusunan rancangan RKP Kalurahan 2024 dan DURKP 2025.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:353
    Kemarin:319
    Total Pengunjung:310.017
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.216.251.37
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID