Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Penanganan Merokok Menjadi Prioritas dalam Musyawarah Masyarakat Desa Kalurahan Kebonharjo

26 Agustus 2023 14:21:27  Administrator  631 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sebagai tindak lanjut dari SMD (Survey Mawas Diri) yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, Puskesmas Samigaluh II bersama Pemerintah Kalurahan Kebonharjo menyelenggarakan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yang bertujuan merumuskan rencana aksi dalam penanganan masalah kesehatan di Kalurahan Kebonharjo. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 bertempat di balai Kalurahan Kebonharjo dan dihadiri pemerintah Kalurahan Kebonharjo, Puskesmas, dukuh se-Kalurahan Kebonharjo, tokoh masyarakat, serta perwakilan kader dari 10 posyandu di Kalurahan Kebonharjo.

Tiga prioritas utama permasalahan hasil SMD yang lalu adalah masih banyaknya perokok yang merokok di dalam rumah (termasuk pada keluarga ibu hamil dan Balita), banyaknya penderita hipertensi yang tidak mau minum obat atau periksa rutin ke puskesmas, serta prevalensi balita stunting yang juga masih tinggi. Ketiga masalah tersebut kemudian berdampak pada cakupan layanan dasar Puskesmas Samigaluh II. 

Dalam MMD yang  tersebut disusun rencana aksi penyelesaian masalah yang ada. Beberapa rencana yang telah dirumuskan antara lain: 

 1. Pembuatan surat edaran tentang larangan merokok di dalam rumah dan di tempat umum serta dalam pertemuan-pertemuan di masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada perokok aktif di Kalurahan Kebonharjo.
 
 2. Pembuatan sticker peringatan/larangan merokok dalam rumah, dalam pertemuan-pertemuan, dan di tempat-tempat umum sebagai upaya pencegahan agar masyarakat tidak merokok di dalam rumah, dalam pertemuan, dan di fasilitas umum.
 
3. Advokasi pada keluarga hipertensi sebagai upaya menurunkan prevalensi hipertensi, dan memotivasi penderita hipertensi agar rutin minum obat dan kontrol ke puskesmas.

 4. Edukasi gizi pada keluarga balita stunting untuk meningkatkan status gizi balita stunting sebagai upaya untuk menekan angka prevalensi stunting. 
 
Pelaksanaan kegiatan ditargetkan akan dilaksanakan pada bulan September dan Oktober tahun 2023. Kegiatan sebagian didanai oleh APBKal dan sebagian lagi oleh Puskesmas Samigaluh II. Kegiatan sepenuhnya merupakan tanggung jawab bersama pemerintah Kalurahan Kebonharjo dan Puskesmas Samigaluh II, sedang pelaksanaannya melibatkan kader, dukuh, dan tokoh masyarakat di Kalurahan Kebonharjo. (*)

Penulis: Siti Nuryati

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:5
    Kemarin:538
    Total Pengunjung:309.350
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.174.174
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID