Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Lomba Gerbang Segoro Picu Peningkatan Manajemen Pokdakan Kalikrajan Kaliduren

26 Juli 2023 14:49:07  Administrator  839 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pokdakan Wanita Kalikrajan Kebonharjo yang bersekretariat di Padukuhan Kaliduren RT 07 RW 03 mewakili Kapanewon Samigaluh dalam Lomba Gerbang Segoro Kategori Pokdakan pada Rabu (26/7). Keikutsertaan pada lomba tersebut memicu kelompok untuk meningkatkan manajemen pengelolaan serta tertib administrasi.

Dalam sesi ucapan selamat datang, Ridwan Usman selaku Panewu Samigaluh berharap event lomba sebagai media evaluasi dan pembinaan guna meningkatkan manajement pengelolaan di kelompok. "Terbentuknya pokdakkan merupakan kolaborasi antara pemkal dan masyarakat untuk  meningkatkan perekonomian dan peningkatan kesehatan warga juga salah satu usaha penanggulangan stunting," ungkapnya.
Pokdakan Wanita Kalikrajan yang diketuai Siti Tadzkiroh bergerak dalam budidaya pembesaran lele dan gurameh. Bantuan BKK Dais tahun 2022 telah menghasilkan 2 kali panen lele dan proses menuju panen ketiga serta panen gurameh untuk pertama kalinya. Inovasi yang dilakukan kelompok meliputi menerima pesanan olahan masakan berbahan dasar ikan lele dan gurameh, limbah air digunakan untuk memelihara cacing sutra, dan melakukan kegiatan sosial guna peningkatan gizi masyarakat.

drh. Drajat Purbadi, M.Si selaku Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo memaparkan bahwa pemberdayaan Pokdakan adalah satu satu kegiatan dalam program besar Gerbang Segoro (GERakan MemBANGun dengan SEmangat GOtong ROyong) di Bidang Kelautan dan Perikanan yang didanai dengan Dana Keistimewaan. 
"Kami menilai bahwa kelompok ibu-ibu lebih teliti dan telaten sehingga diharapkan lebih komitmen untuk keberlanjutan program ini. Demi menjaga netralitas kami menggandeng juri dari pihak luar meliputi Dosen Departemen Perikanan UGM, Dinas Perikanan dan Kelautan DIY, dan praktisi dari Kabupaten Bantul. Penilaian meliputi administrasi, kelembagaan, dan teknis pengelolaan kelompok, " imbuh Drajat 

Tim Juri di akhir penilaian berpesan agar pemberian makan untuk gurameh harus disesuaikan antara besar gurameh dengan ukuran pakannya. Baik pengurus maupun  anggota pokdakan juga harus tekun dan cermat dalam menjaga kebersihan kolam dan kesehatan ikan peliharaan.

Penulis: Dwi Budiatun (Ketua KIM Kebun Berita)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:158
    Kemarin:1.112
    Total Pengunjung:324.458
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.229.117.191
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID