Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Sepuluh Kader Yandu Kebonharjo mengikuti Bimtek PMT Berbahan Lokal

11 Juli 2023 15:12:35  Administrator  836 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertempat di aula Satriya Puskesmas Samigaluh II, telah dibuka sosialisasi dan Bimtek pemberian makanan tambahan (PMT) berbahan lokal pada hari Senin, 10 Juli 2023. Sosialisasi dan Bimtek dibuka oleh Panewu (Camat) Samigaluh. Selain kepala Puskesmas Samigaluh II dan Panewu, pembukaan sosialisasi dan Bimtek ini juga dihadiri oleh lurah dari 3 kalurahan di wilayah Puskesmas Samigaluh II yaitu Banjarsari, Kebonharjo dan Pagerharjo, Babinsa dan Babin Kamtibmas di 3 kalurahan, serta perwakilan kader dari 44 posyandu di wilayah kerja Puskesmas Samigaluh II, termasuk 10 posyandu di Kalurahan Kebonharjo.

Dalam sambutan pembukaan, kepala Puskesmas Samigaluh II diwakili oleh PLH Kabag TU mengungkapka pentingnya penggunaan bahan lokal dalam penanganan balita gizi kurang, gizi buruk, dan stunting, karena output dari kegiatan ini bukan hanya akan berdampak bagi balita serta ibu hamil dan keluarganya, tapi juga akan berdampak bagi UMKM yang ada di wilayah Puskesmas Samigaluh II khususnya Kalurahan Kebonharjo. PMT Berbahan lokal ini kelak akan dikelola oleh kader posyandu sehingga diharapkan bisa mendorong UMKM di setiap Kalurahan, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan perekonomian masyarakat terutama kader. Bagi kader Bimtek ini akan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader dalam pengelolaan dan pengolahan PMT berbahan lokal.

Selain bimbingan teknis pelaksanaan pemberian makanan tambahan berbahan lokal, pada bimtek tersebut juga me-refresh pengukuran anthoprometri pada kader. Akurasi hasil pengukuran sangat berdampak pada status gizi balita. Oleh karena itu sangat penting bagi kader posyandu memiliki keterampilan pengukuran anthoprometri. (*)

Penulis: Siti Nuryati 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:538
    Total Pengunjung:309.381
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.128.129
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID