Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Merti dan Baritan Padukuhan Kaliduren

09 Mei 2023 15:07:55  Administrator  772 Kali Dibaca  Berita Lokal

Padukuhan Kaliduren dan sebagian warga Padukuhan Kedunggupit menyelenggarakan merti dan baritan padukuhan pada Selasa Kliwon, 9 Mei 2023 bertepatan tanggal 19 Syawal 1444 H. Mengusung tema "Sengkut Gumregut, Guyub Rukun Mbangun Padukuhan Mugi Tansah Kukuh Kang Ginayuh, Mulyo Kang Sinedyo" dengan makna bersatunya warga dalam kekuatan iman dan taqwa kepada Tuhan YME dengan penuh keyakinan, harapan segala permohonan serta kemuliaan dunia serta akhirat dapat terwujud. Kegiatan dipusatkan di rumah Dukuh Kaliduren.

Ngatijo selaku ketua panitia melaporkan rangkaian kegiatan yang berlangsung. "Hari Minggu, warga melaksanakan gotong royong persiapan tempat acara. Senin, membersihkan makam dan lingkungan padukuhan, dan hari ini Selasa adalah puncak acara berupa kegiatan kirab tumpeng dari rumah Dukuh dengan rute sepanjang 1 km, pentas seni kuda lumping pada siang hari, dan pentas seni ketoprak nanti malam," ungkapnya.

"Selain Merti Padukuhan, kami sekaligus melestarikan tradisi baritan. Kegiatan ini telah menjadi tradisi turun temurun sejak ratusan tahun yang mengandung doa semoga ternak pemeliharaan dapat tumbuh dan berkembang," tambah Ngatijo.

Lurah Kebonharjo, Sugimo melalui sambutannya berpesan agar Merti Padukuhan tetap harus dilestarikan dengan maupun tanpa adanya stimulan dana dari pemerintah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:547
    Total Pengunjung:308.828
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.12.222
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID