Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kalurahan Kebonharjo Membentuk Ruang Komunitas Digital Desa dalam Mewujudkan Desa Cerdas

24 Maret 2023 14:08:15  Administrator  1.533 Kali Dibaca  Program Kerja

Bertempat di ruang rapat Pemerintah Kalurahan Kebonharjo telah dilakukan sosialisasi Desa Cerdas (Smart Village) dan Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) oleh Duta Digital–Faraghina Salsabila, IKom dan Kader Digital Kebonharjo-Aji Prasetyo. Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan semua komponen masyarakat di Kalurahan Kebonharjo yang meliputi BPKal, PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna, Pendamping Lapangan Desa, serta unsur masyarakat yang lain. 

Dalam sosialisasinya Duta Digital menyampaikan bahwa Kebonharjo merupakan salah satu Kalurahan yang akan dikembangkan menjadi Desa Cerdas atau Smart Village.

Desa Cerdas (Smart Village) diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek, dan mengembangkan inisiatif berbasis komunitas dalam memanfaatkan teknologi informasi bagi masyarakat pedesaan. 

Syarat terbentuknya Desa Cerdas (Smart Village) antara lain adanya smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.  Desa Cerdas bertujuan memanfaatkan teknologi digital dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan. Oleh karena itu peran internet sangat penting dalam pembentukan Desa Cerdas. Untuk mewujudkan semua tujuan tersebut maka perlu dibentuk Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD). 

RKDD adalah ruang yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk belajar, berdiskusi dan menciptakan solusi-solusi inovatif berbasis teknologi digital serta sebagai sarana meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengelola potensi sumber daya desa. Dalam melaksanakan kegiatannya RKDD dapat dilakukan melalui pertemuanl langsung dengan masyarakat maupun secara virtual.

Tujuan dibentuknya ruang Komunitas Digital Desa antara lain: Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap literasi digital, meningkatkan kapasitas masyarakat dalam melakukan pembangunan dan pemberdayaan desa melalui pemanfaatan teknologi digital yang inklusif, efektif dan produktif; memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat desa; meningkatkan kualitas perencanaan dan pembangunan desa berbasis teknologi digital, meningkatkan layanan publik menggunakan teknologi digital dalam mendukung pencapaian tujuan SDGs Desa.

Kegiatan dari Ruang Komunitas Digital Desa dapat berupa; pelatihan literasi digital, jejaring Kemitraan tingkat Desa,  peningkatan Kapasitas bersama mitra, diskusi dan berbagi pengetahuan serta promosi kegiatan desa cerdas dan dokumentasi.

Adapun tugas dari Ruang Komunitas Digital Desa antara lain: menyusun visi dan misi ruang komunitas digital di desa, menyusun program tahunan yang akan dilakukan di ruangruang komunitas digital di desa menyusun administrasi, anggaran serta memelihara aset ruang komunitas.  Selain itu RKDD juga bertugas merencanakan dan melaksanakan dan memonitoring kegiatan ruang komunitas serta bertanggung jawab penuh atas aset Ruang Komunitas Digital Desa cerdas yang bersumber dari P3PD.

Pada kesempatan yang sama juga telah dibentuk pengurus Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD)  Kalurahan Kebonharjo.(*)

Penulis: Siti Nuryati

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:137
    Kemarin:514
    Total Pengunjung:308.397
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.53.202
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID