Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Parenting Islami SD Muhammadiyah Jarakan

25 Februari 2023 15:13:43  Administrator  677 Kali Dibaca  Program Kerja

Parenting Islami merupakan kegiatan rutin wali murid SD Muhammadiyah Jarakan sejak tahun 2022. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu Pahing sebagai sarana pembinaan iman dan mental wali murid SD Muhammadiyah Jarakan.

Dalam kesempatan tersebut dihadirkan 2 orang pembicara, yaitu Bpk Gigih Budiyono, S.Ag dan Drs H. Harminto, MM. Pada kesempatan tersebut Bpk Gigih Budiyono menyampaikan pesan-pesannya kepada para orang tua untuk selalu mendoakan putra-putrinya agar menjadi anak yang shaleh. Selain itu menjelang hadirnya bulan Ramadhan diharapkan orang tua menyiapkan putra-putrinya untuk menjalankan ibadah puasa. Dalam mendidik dan melatih anak untuk beribadah orang tua harus bersikap tegas demi kebaikan mereka.

Pada kesempatan yang sama, Drs H. Harminto, MM juga menyampaikan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan harus ikhlas dan hanya mengharapkan Ridha Allah semata.

Selama hidupnya, manusia sebenarnya selalu dipanggil Allah. Panggilan Allah yang dimaksud antara lain: Adzan, Haji, dan Sakaratul maut.

Sekolah sebagai bagian dari amal ibadah yang didirikan atas isiatif masi semestinya masyarakat akan berupaya menghidupkan dan mempertahankan. Lembaga yang dikelola dengan biasa hasilnya hanya akan biasa, sebaliknya lembaga yang dikelola dengan luar biasa maka akan menjadi luar biasa pula.

Pada saat ini jumlah guru di Indonesia jauh lebih banyak dari kebutuhan pemerintah, oleh karena itu tantangan bagi sekolah swasta akan semakin berat.

Adapun beberapa kiat menuju sekolah unggul yang bisa dilakukan antara lain terangkum dalam semboyan AKIK, yang merupakan singkatan dari:

Aktif, maksudnya baik orang tua, guru, murid harus aktif, banyak berdoa rutin menjalankan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah. Juga aktif melakukan shalat malam mohon ampun, dan berdoa agar semakin banyak masyarakat yang memasukkan putra-putrinya ke SD Muhammadiyah. Selain itu warga sekolah juga harus selalu aktif menjalankan shalat di awal waktu.

Kreatif, baik guru maupun murid harus kreatif dalam mengajar, berpenampilan, promosi, melakukan lobi,dan menjalin komunikasi mencari sumber dana dan membangun kerjasama dengan semua pihak.

Inovatif, yaitu selalu mengembangkan diri dengan cara ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Kompetitif, yang artinya memiliki kemampuan untuk bersaing, menjadi lebih baik dan lebih unggul serta Kompetitif dalam pelayanan dan dalamekstra kurikuler. Sekolah juga harus memiliki target untuk kemajuannya. (*)

Penulis Siti Nuryati, S.Pd

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:128
    Kemarin:514
    Total Pengunjung:308.388
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.137.181.52
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID