Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Monitoring dan Evaluasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo di Pokdakan Wanita Kali Krajan

25 Februari 2023 09:26:44  Administrator  756 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pokdakan Wanita Kali Krajan yang berada di Padukuhan Kaliduren Kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Lokasi yang berada di daerah pegunungan dengan kondisi jalan naik turun. 

Team monev DKP - Kulon Progo di Pokdakan Wanita Kali Krajan pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2023. Team datang langsung ke lokasi kolam, ada 15 kolam untuk lele 7 kolam dan gurame ada 8 kolam. Petugas lab uji kolam mengecek kondisi kolam dengan alatnya. Adapun yang dicek pH , suhu, salinitas, dan kandungan oksigen. Dari ke-empat yang dicek uji lab semua normal, artinya cocok untuk pembudidaya ikan. 

Tatik Purwantari selaku sekretaris memberikan laporan untuk pencatatan kematian ikan, jumlah pakan, daftar yang memberi pakan dicatatnya setiap hari. Tiba masa panen lele pertama pada tanggal 23 Januari 2023 dari masa tebar bibit tanggal 29 Oktober 2022. Panen lele dijual secara eceran melalui media 

WhatsApp dari semua anggota melakukan promosi. Penjualan ke langsung konsumen, penjual pecel lele, warung makan juga sekolah lembaga pendidikan untuk kegiatan anak didiknya. Selain dijual dari Pokdakan Wanita Kali Krajan juga berbagi kepada anggotanya dengan cuma-cuma sebanyak 1 kg per anggota, dengan asumsi untuk perbaikan gizi keluarga. Juga untuk disumbangkan kepada Posyandu di Padukuhan Kaliduren untuk gemari gemar makan ikan dengan harapan mengurangi dampak stunting juga untuk kesehatan dan nilai gizi pada anak balita. 

Selain melayani penjualan lele mentah, bersih maupun sampai diantar juga melayani lele yang sudah dimasak. Untuk fee dari semua itu sudah diatur dalam AD-ART.

Sri Johariyah salah satu anggota yang melayani konsumen untuk oalah lele. Olahan tergantung permintaan konsumen.

Setelah masa panen kolam dibersihkan dengan kerja bakti semua anggota dan dengan SOP awal untuk pengisian kolam. Masa tebar ikan lele kedua dengan jumlah bibit 4.200 ekor dengan ukuran 5-7 untuk 7 kolam. Penebaran bibit lele kedua pada tanggal 18 Januari 2023.

Dwi Haryani selaku bendahara menyampaikan untuk hasil panen dari tiap kolam ada pencatatannya dan dengan jumlah total 562 kg. Dengan total penjualan Rp 10.500.000,00. Dari hasil penjualan lele untuk membeli pakan dan bibit lele sehingga budidaya ikan tetap berjalan. 

Suryadi selaku Kepala Bidang Pemberdayaan dari DKP-KP berpesan untuk kelompok tetap semangat, terus berlanjut dan ciptakan prestasi. Karena apabila sampai berhenti maka sungguh akan memalukan.

Ade dari DKP-KP juga menambahkan kelompok yang baru merintis pemberdayaan yang tercapai untuk pemenuhan gizi, keaktifan anggotanya, keterlibatan anggota dalam pemasaran, kreativitas dalam pengolahan, penjualan online, hal ini apresiasi yang luar biasa karena tidak semua kelompok melakukan hal tersebut. 

Karyono selaku cek lab uji kolam untuk pH, suhu, salinitas, kandungan oksigen semua normal artinya bagus untuk perikanan.

Ardy selaku penyuluh perikanan selaku memberi dukungan support kelompok dengan kunjungan dan memberi arahannya bagaimana administrasinya dan cek kondisi ikan juga air.

 

Penulis Tatik Purwantari

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:440
    Kemarin:547
    Total Pengunjung:309.247
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.150.55
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID