Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Kirab Merti Dusun Dangsambuh Kebonharjo

Administrator 14 Maret 2020 20:42:46

Merti dusun oleh warga Padukuhan Dangsambuh Kalurahan Kebonharjo dilakukan sebagai wujud syukur dan permohonan kepada yang kuasa. Acara digelar pada Sabtu Wage, 14 Maret 2020 di rumah Dukuh Dangsambuh Tumidjan.

Siang hari mulai jam 10.00 WIB, seluruh warga Dangsambuh melakukan kirab tumpeng dengan berjalan kaki dan mengenakan pakaian jawa gagrak Ngayogyakarta. Berbagai peralatan pertanian seperti cangkul dan sabit dibawa peserta kirab untuk menggambarkan bahwa warga Dangsambuh sebagian besar bermatapencaharian petani. Titik awal kirab dimulai dari pertigaan depan rumah Untung, melewati jalan lingkar RT, dan berakhir di rumah Dukuh. Kirab dipimpin oleh Dukuh dengan pengawalan Babinsa Kebonharjo. Hadir pula dalam kegiatan, perwakilan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Sumardi.


Dalam sambutannya Sumardi menyampaikan pesan kepada warga Dangsambuh untuk meningkatkan kegiatan kebudayaan sebagai wujud jati diri Kulon Progo guna menunjang adanya bandara internasional di Kulon Progo. "Saya mendapat informasi bahwa Dangsambuh memiliki kelompok "encling", mari digerakkan lagi kegiatannya," ungkapnya.

Kegiatan merti dusun Dangsambuh merupakan salah satu implementasi misi Kalurahan Kebonharjo guna mewujudkan warga yang berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan. Hal ini disampaikan oleh Dwi Budiatun Carik Kebonharjo dalam sambutannya. "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Dangsambuh yang telah mampu menyelenggarakan Merti dusun tahun ini. Meskipun memiliki jumlah penduduk yang sedikit tapi dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kegiatan merti dusun dapat terselenggara," tambah Dwi.

Selain kirab tumpeng dan kembul bujono, pada malam harinya diadakan pentas wayang kulit dengan dalang Anom Sucondro dari Jatimulyo Kulon Progo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung