Visi Terwujudnya Desa Kebonharjo yang mandiri dan berbudaya luhur berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan          Misi (1) Mewujudkan perekonomian mandiri dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan budaya lokal .(2) Mengembangkan kepribadian masyarkat melalui pengembangan spiritual keagamaan dan budaya dengan mengedepankan heterogenitas. (3) Mewujudkan pemerintahan yang sehat, bersih dan berwibawa. (4)Mewujudkan kualitas hidup masyarkat yang maju, sejahtera dan berprestasi melalui pengembangan kelembagaan desa dan kelompok masyarakat

 

Tingkatkan Koordinasi antar Pihak Terkait dalam Penataan PAUD

Administrator 11 Maret 2020 09:01:26

Berdasarkan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 49 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan PAUD dalam kewenangan desa serta sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, maka pemerintah Kalurahan harus melakukan penataan PAUD sebagai salah satu kewenangan lokal desa.

Bertempat di Balai Kalurahan Kebonharjo terselenggara Kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan PAUD dikemas dalam bentuk diskusi dengan tema "Sinkronisasi Insentif Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependudukan PAUD". Pihak yang terlibat meliputi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, pemerintah kalurahan, pengelola PAUD, dan tendik PAUD se Kebonharjo. Telah beberapa tahun, honor Tendik PAUD menjadi kewajiban desa sehingga harus dianggarkan dalam APBDes. Adanya keputusan bupati mengenai besaran honor tendik dan tenaga kependidikan PAUD berdasarkan kategori dan frekuensi masuk kerja dalam seminggu mengharuskan pemerintah desa melakukan sinkronisasi antara peraturan dengan kualifikasi tendik dan tenaga kependidikan PAUD se-Kalurahan Kebonharjo.

Hadir sebagai narasumber, Dra.Maryati Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo. "Kualifikasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. Kami akan mengkaji lebih lanjut apakah diklat berjenjang dapat mengkategorikan tendik PAUD lulusan SLTA masuk kategori guru pendamping atau guru pendamping muda, mengingat banyaknya tendik PAUD lulusan SLTA termasuk di Kalurahan Kebonharjo," jelasnya.

Dwi Budiatun Carik Kebonharjo menjabarkan APBDes Kebonharjo TA 2020 untuk kegiatan penyelenggaraan PAUD meliputi:
1. Honor tendik dan tenaga kependidikan PAUD: Rp 42.000.000,00
2. Kegiatan Pengelolaan PAUD: Rp 1.200.000,00
3. Kegiatan Pengembangan dan Pengelolaan PAUD: Rp 5.125.000,00
4. Parenting PAUD: Rp 4.440.000,00
5. Dukungan Penyelenggaraan PAUD: Rp 6.000.000,00

"Pada tahun ini kami menganggarkan honor tenaga administrasi di setiap lembaga PAUD untuk mengurangi beban tendik terkait administrasi. Anggaran desa juga akan mengcover honor dua Guru PAUD yang memiki ijazah S-1 PAUD. Kami akan melakukan perekrutan dua Guru PAUD yang nantinya akan mengajar keliling di 4 lembaga PAUD desa," ujar Rohmad Ahmadi Lurah Kebonharjo.

Maryati memberikan apresiasi yang luar biasa bagi Pemerintah Kalurahan Kebonharjo yang telah memberikan perhatian terhadap penyenggaraan PAUD. "Kami mohon untuk pertemuan selanjutnya penilik PAUD Samigaluh dilibatkan," pesan beliau.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Kamituwa Staff Desa Staff Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTube

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung