Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Warga Gowok Gali Sumur untuk Dapatkan Air Bersih

12 Oktober 2019 23:37:14  Administrator  398 Kali Dibaca  Berita Desa
Dampak kemarau panjang sepertinya mulai dirasakan warga dusun Gowok desa Kebonharjo di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Warga di dusun Gowok sebagian sudah banyak merasakan kesulitan air bersih karena sumber mata air yang biasanya sering diambil telah mulai berkurang, atau bahkan ada yang sudah mengering. Untuk mengantisipasi hal itu seorang warga terpaksa menggali tanah untuk membuat sumur dengan harapan memperoleh air lebih banyak lagi.

Meskipun airnya tidak banyak seperti waktu musim hujan, akan tetapi karena air menjadi kebutuhan utama maka mereka tetap adakan pengalian. Tutur seorang warga yang tak mau disebutkan namanya.

Ditemui dilokasi penggalian sumur air, Sabtu, (21/09/2019) Nugroho Wiji Subekti mengatakan " Bahwa pada saat musim kemarau ini untuk menggali membuat sumur adalah pekerjaan sampingan dan berkah tersendiri. Menurutnya hal itu karena sebagian masyarakat telah kekurangan air dan ingin membuat sumur, maka saya akan dapat order ,"kelakarnya". Sedangkan alat yang kami gunakan adalah sederhana seperti cangkul, linggis ,pelancong dan ember dan semua mengunakan tenaga manusia." Pungkasnya.
Dalam membuat sumur Kali ini dia ditemani oleh dua sahabatnya yaitu Basol Sukijan dan Paryadi.

Menurut Dukuh Gowok (Sunardi) mengatakan, bahwa beberapa warga di dusun Gowok sebenarnya sudah merasakan krisis air bersih disebagian wilayah pada bulan-bulan ini. Oleh karena itu beliau meminta untuk melakukan penghematan air. Hingga kini, kata dia, belum ada perhatian pemerintah soal krisis air bersih di dusun Gowok ini. Saya juga memahami keadaan masyarakat saat ini lagi susah mendapatkan air bersih. Dan yang paling penting untuk kedepan harapanya kepada pemerintah adalah ada usaha maupun sosialisasi dalam memelihara sumber air dan keberlangsungan hayati, kita harus memelihara hutan sebagai kawasan penyangga air. Supaya jika musim kemarau tidak kehabisan sumber air. Tentu ini harus bersinergi dengan stake holder dinas terkait. Semua masyarakat harus menyadari keseimbangan alam bagi kehidupan. Sedangkan bagi yang kekurangan air bersih mudah-mudahan besok ada bantuan air bersih bagi warga yang sangat membutuhkan.

“Kita mengharapkan bantuan pemerintah untuk keluar dari kesulitan mendapatkan air bersih, “ ungkapnya.


 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:263
    Kemarin:547
    Total Pengunjung:309.070
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.14.253.221
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID