Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Mewujudkan Lansia Sehat, Bekualitas, Produktif dan Mandiri

29 Desember 2019 22:15:10  Administrator  414 Kali Dibaca  Berita Desa
Bertempat di halaman Balai Desa Kebonharjo Pemerintah Desa Kebonharjo Bagian Kemasyarakatan menyelenggarakan senam masal yang diikuti oleh kader posyandu lansia, lansia, masyarakat, serta mahasiswa KKN Universitas Atmajaya Yogyakarta. Senam dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan peran serta partisipasi masyarakat terutama lansia dalam kegiatan posyandu lansia.

Senam dipandu instruktur senam dan petugas kesehatan dari Puskesmas Samigaluh II.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan baik dari Pemerintah Desa Kebonharjo maupun Puskesmas Samigaluh II.

Hidup sehat tidak harus mahal, untuk hidup sehat hanya perlu membiasakan diri dengan perilaku hidup sehat dan gaya hidup sehat, salah satunya dengan melakukan senam teratur. Warga Kebonharjo harus bersyukur bisa hidup di alam dengan udara bersih dan subur, sehingga memungkinkan untuk menjaga kesehatannya dengan cara yang mudah dan murah, demikian diungkapkan oleh Kepala Seksi Kemasyarakatan, Bpk. Tantono. Diharapkan pula, acara semacam ini dapat dilaksanakan rutin dan berkala. Beliau juga menghimbau, agar posyandu bisa melakukan kegiatan semacam di pedukuhan masing-masing.

Permasalahan terbesar pada lansia di Desa Kebonharjo adalah hipertensi. Untuk itu perlu bagi semua lansia membiasakan diri merawat kesehatan nya, demikian disampaikan oleh Kepala Desa Kebonharjo, Rohmad Ahmadi, S. I. P.

Selain itu, berdasar hasil screening lansia di tahun 2019, terdapat 70%-80% warga lansia yang positif kolesterol tinggi. Untuk itu perlu dibenahi asupan gizi pada lansi, terutama di kegiatan posyandu lansia di pedukuhan, demikian diungkapkan oleh Winarni Widiyastuti, bagian Promkes Puskesmas Samigaluh II. Dianjurkan pula bagi lansia untuk memperbanyak konsumsi air putih, mengurangi konsumsi garam, gula dan lemak serta melakukan aktifitas fisik secara rutin.

Selain pembinaan, peserta senam juga mendapatkan pelatihan senam anti stroke, dan akupressur sederhana, yang biasa dilakukan lansia di rumah. Diharapkan pula, lansia dengan dibimbing kader lansia bisa melakukan sendiri perawatan dan pemeliharaan kesehatan sehinga bisa terwujud lansia sehat, berkualitas, produktif, dan mandiri.(*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:514
    Total Pengunjung:308.296
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.22.181.209
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID