HIMBAUAN KEWASPADAAN MALARIA MENUJU PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN MALARIA MENUJU "KEBONHARJO BEBAS MALARIA"

Artikel

Malaria Membunuh Ibu Muda di Kokap

21 November 2022 09:47:05  Administrator  13 Kali Dibaca  Berita Desa

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Di dalam tubuh manusia, parasit Plasmodium akan berkembang biak di organ hati kemudian menginfeksi sel darah merah. Pasien yang terinfeksi oleh malaria akan menunjukan gejala awal menyerupai penyakit influenza, namun bila tidak diobati maka dapat terjadi komplikasi yang berujung pada kematian. Sumber: https://dinkes.kulonprogokab.go.id/detil/182/mengenal-penyakit-malaria.


Penyakit malaria kembali menyerang beberapa wilayah di Kulon Progo dan kasusnya naik selama tahun 2022. "Kasus di Kapanewon Kokap ada Ibu muda usia tiga puluh sembilan tahun positif malaria Falsifarum gamet. Dan Gametnya sudah banyak sekali. Dimana malaria Falsifarum menyerang pembuluh darah otak. Akhirnya ibu tersebut meninggal. Hal ini menjadi keprihatinan kita bersama dan sangat diperlukan tindakan preventif pencegahan dan penanganan malaria," ungkap dr.Tari Astuti Kepala Puskemas 2 Samigaluh dalam rakor bulan November Kapanewon Samigaluh.


Pemerintah kalurahan harus giat melakukan edukasi dan sosialisasi kewaspadaan malaria kepada warga. Penggunaan kelambu, pemakaian lotion anti nyamuk pada aktivitas luar di malam hari, dan gerakan pemberantasan sarang nyamuk wajib segera dilakukan seluruh masyarakat Kapanewon Samigaluh.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:24
    Kemarin:364
    Total Pengunjung:85.923
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.197.108.169
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID