Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kader Pendamping dipersiapkan untuk Entaskan Stunting

12 November 2021 08:44:43  Administrator  425 Kali Dibaca  Program Kerja

Kader Pendamping merupakan salah satu program RDS Kebonharjo, yang diinisiasi melalui Rembug Stunting sebagai agenda rutin tahunan yang diselenggarakan di Kalurahan Kebonharjo. Selain pembentukan kader pendamping RDS Kebonharjo juga menyelenggarakan lima paket layanan dasar konvergensi stunting yang meliputi, Parenting PAUD, Layanan KIA, Konseling Terpadu, Perlindungan Sosial dan Air Bersih. Kader Pendamping berfungsi dan bertugas memastikan kelima paket layanan tersebut ada pada setiap keluarga Ibu Hamil dan Balita Stunting.

Peningkatan kapasitas kader pendamping dilakukan tgl 10 November 2021 di Pendopo Kalurahan Kebonharjo. Materi yang diberikan meliputi; gizi untuk ibu hamil dan balita stunting, Fasilitasi dan Komunikasi, serta administrasi dan pelaporan. Pelatihan menghadirkan narasumber dr. Tari Astuti dan bidan Tyas Ningrum dari Puskesmas Samigaluh II serta KPM Kalurahan Kebonharjo. Kegiatan ini melibatkan sepuluh peserta perwakilan dari sepuluh pedukuhan yang ada di wilayah Kalurahan Kebonharjo. Kegiatan dibiayai APBKal Kebonharjo sumber  Dana Desa bidang kesehatan.

Meskipun angka stunting sudah menurun signifikan, namun hingga saat ini Kebonharjo masih merupakan lokus stunting. Oleh karena itu pencegahan dan penanganan stunting masih harus terus dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Kebonharjo yang bersinergi dengan semua pihak baik lintas  bidang maupun lintas sektoral.

Selain pembentukan Kader Pendamping, sejumlah program lain juga dilakukan RDS Kebonharjo dalam pencegahan dan penanganan stunting antara lain meliputi; Kelas Ibu Hamil, Parenting PAUD kelas Bapak, Konseling Terpadu, Kunjungan rumah pada keluarga Ibu Hamil beresiko dan Balita Stunting.

Pada kesempatan yang sama juga disampaikan paket sayur dan buah bagi peserta pelatihan yang beruntung sebagai bagian kampanye Germas dengan slogannya MakBYur (Makan Buah dan Sayur).(*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:18
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:305.747
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.140.198.173
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID