Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Sosialisasi 1000 HPK untuk Mencegah Stunting bagi Wilayah Desa Kampung KB

18 Juni 2019 10:08:29  Administrator  373 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Kebonharjo menjadi salah satu Desa Kampung KB, tempat penyelenggaraan sosialisasi 1000 HPK untuk mencegah stunting yang diadakan Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo. Acara tersebut dilaksanakan Senin, 17 Juni 2019 di Balai Desa Kebonharjo. Peserta sosialisasi sejumlah 60 peserta yang terdiri dari unsur kader Yandu, pengurus PKK 10 pedukuhan, TP PKK Desa, ibu hamil, ibu baduta (bayi di bawah dua tahun), dan pengurus POKJA Kampung KB Desa.

Sri Prihatin, koordinator PKB Kecamatan Samigaluh selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa faktor utama untuk mencegah stunting adalah pola asuh. Pemahaman pola asuh mulai ditanamkan sejak remaja, waktu kehamilan, dan masa pertumbuhan baduta. Beliau juga menambahkan peran suami/ayah sangatlah penting untuk seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK) bagi buah hati.

Materi pertama tentang ""Pola Asuh Ibu Hamil dan Baduta ditinjau dari Segi Psikologi" disampaikan oleh Rohmad Ahmadi, Kepala Desa Kebonharjo. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa perhatian keluarga dan lingkungan sekitar sangat diperlukan bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Beliau merasa prihatin terhadap baduta yang tinggal di lingkungan keluarga perokok. 

Narasumber kedua adalah dr. Tari Astuti, Kepala UPTD Puskesmas II Samigaluh. Beliau menegaskan bahwa 1000 HPK adalah masa emas perkembangan anak. Periode kahamilan selama 280 hari, periode 0-6 bulan (180 hari) dengan pemberian ASI Eksklusif, dan periode selanjutnya 6-24 bulan (540 hari) dengan pemberian ASI dan MPASI.

Penyelenggara  kegiatan mengharapkan para peserta sosialisasi dapat menyampaikan hasil sosialisasi kepada seluruh anggota keluarga dan lingkungan di sekitarnya. Dengan demikian kesadaran seluruh pihak terutama keluarga terhadap ibu hamil dan baduta akan meningkat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:331
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.838
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.91.19.62
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID