Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Desa Kebonharjo tanda tangani MoU Koperasi Griya Jatirasa untuk Pengembangan Usaha Sabut Kelapa

18 Mei 2019 09:22:42  Administrator  409 Kali Dibaca  Berita Desa

Penandatanganan MoU (Memorandun of Understanding) atau nota kesepahaman antara Pemerintah Desa Kebonharjo, Samigaluh, Yogyakarta dengan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dialaksanakan di Balai Desa Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2019. MoU yàng membuat kewajiban masing masing pihak dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat terfokus pada pengembangan unit usaha sabut kelapa yang berada di pedukuhan Gebang. Dukungan pembangunan rumah sabut kelapa berupa dana akan dihibahkan pada pengelola kelompok yang di wakili Dukuh Gunanto yang akan bertanggung jawab pada pengembangan unit usaha tersebut. Sementara itu dari koperasi akan memberikan pendampaingan dalam bentuk pelatihan dan pemasaran yang diharapkan mampu menjadi bagian dari pengembangan bandara New Yogyakarta Air Port di Temon. 
Pemerintah Desa Kebonharjo berkomitmen dalam bentuk dukungan tempat usaha dengan mengunakan aset desa berupa tanah untuk mendirikan rumah produksi, sementara aset dalam bentuk alat juga akan dikelola didalam kelompok. Tentunya sewa tanah yang terjangkau oleh kelompok akan mendorong pengembangan unit tersebut. 
Unit sabut kelapa telah berdiri sejak tahun 2016 melalui dukungan dari Kampus Universitas Islam Indonesia dan Dukungan Dana Desa. Kelompok yang sudah mampu memproduksi pupuk, sapu dan boneka horta ini mengunakan rumah salah satu warga untuk rumah produksinya. Getaran mesin yang kuat mengkuatirkan keselamatan anggota kelompok yang bekerja. Untuk itu perlu rumah produksi yang baru. 

Foto: Puji Griyajatirasa #desakebonharjo #samigaluhkotamenoreh 

Sumber: https://www.atmago.com/posts/desa-kebonharjo-tanda-tangani-mou-koperasi-griya-jatirasa-untuk-pengembangan-usaha-sabut-kelapa_post_id_5698dee1-2e05-44a0-a146-bd3bdd1ef746

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:9
    Kemarin:547
    Total Pengunjung:308.816
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.22.249.158
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID