Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kalurahan Kebonharjo membentuk Forum Perlindungan Korban Kekerasan

29 November 2023 12:37:26  Administrator  353 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertempat di Kebon Kemping Kebonharjo pada Selasa (28/11), Kalyanamitra bersama Pemerintah Kalurahan Kebonharjo membentuk Forum Perlindungan Korban Kekerasan (FPKK) untuk periode sampai tiga tahun ke depan. Hadir dalam kesempatan tersebut pamong kalurahan, perwakilan dari PKK, Kader Kesehatan, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Badan Musyawarah Kalurahan (Bamuskal) Kebonharjo, bidan desa, Babinsa, dan Babin Kamtibmas. 

FPKK dibentuk sebagai implementasi dari Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 4 Tahun 2016 tentang Forum Perlindungan Korban Kekerasan, yang merupakan amanah dari Peraturan Daerah Kulon Progo Nomor 7 tahun 2015 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan. 
Sejumlah pertemuan sudah dilakukan baik di tingkat Kabupaten maupun Kapanewon/Kecamatan sebagai upaya untuk melaksanakan peraturan daerah maupun peraturan bupati tersebut. Sehingga pada saat ini 12 Kapanewon sudah dilakukan pembentukan FPKK tingkat Kapanewon dan sudah dilakukan pembekalan. 

Dalam paparan materi yang disampaikan Joko Sulistyo Kalyanamitra, FPKK memiliki fungsi Pencegahan dengan menumbuhkan partisipasi dan kepekaan masyarakat terhadap perempuan dan anak korban kekerasan. Selain itu FPKK juga memiliki fungsi penanganan dengan memberikan pelayanan kepada perempuan dan anak korban kekerasan. Sedangkan pemberdayaan dilakukan dengan resosialisasi korban kekerasan di masyarakat. 

Sasaran FPKK meliputi; lembaga pemerintah yang memberikan  perlindungan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan; organisasi masyarakat, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, dan individu yang memiliki kepedulian terhadap perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan; serta perempuan dan anak korban kekerasan.

Dalam melaksanakan tugasnya FPKK menganut prinsip: Tidak menghakimi; Kerahasiaan; Non diskriminasi; kesetaraan; serta bukan pelaku atau pun korban, dan tidak mentolerir segala bentuk kekerasan. 

Selain penyampaian materi, bersama Pemerintah Kalurahan Kebonharjo Kalyanamitra juga menyusun draft SK FPKK tingkat Kalurahan Kebonharjo. (*)

Penulis: Siti Nuryati

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:208
    Kemarin:319
    Total Pengunjung:309.872
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.253.161
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID