Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Delapan Warga Kebonharjo memperoleh Rumah Sejahtera Terpadu Tahun 2022

28 Desember 2022 10:53:34  Administrator  834 Kali Dibaca  Berita Desa

Peningkatan akses masyarakat terhadap perumahan juga menjadi salah satu arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024 yaitu meningkatkan akses masyarakat secara bertahap terhadap perumahan dan permukiman yang layak, aman, terjangkau, inklusif, dan layak huni. Untuk menunaikan kebijakan tersebut pemerintah melalui instrumen APBN hadir dalam bentuk bansos Rumah Sejahtera Terpadu (RST). Bantuan ini diberikan sebagai upaya pemenuhan hak fakir miskin dalam memperoleh bantuan perumahan yang layak, sehat dan/atau tempat melakukan usaha. Bansos RST merupakan kelanjutan dari program sebelumnya berupa Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS Rutilahu). Program tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia c.q. Direktorat  Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial.  

Program RST telah ditentukan standar dan nilai bantuannya. Standar rumah program RST adalah harus memenuhi prinsip rumah sehat yaitu rumah yang memungkinkan para penghuninya dapat mengembangkan dan membina fisik mental maupun sosial keluarga. Adapun nilai bantuan program RST diberikan kepada keluarga penerima manfaat dengan nilai sebesar Rp. 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah). Sumber: https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4029-bansos-rumah-sejahtera-terpadu-rst-bantu-penuhi-kebutuhan-perumahan-untuk-fakir-miskin.html

My ESti Wijayati Anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi PDIP melakukan peninjauan kesiapan program bantuan RST kepada delapan warga Kebonharjo penerima Rumah Sejahtera Terpadu Tahun 2022 pada Selasa, 27 Desember 2022. Penyambutan peninjauan dilakukan Lurah Kebonharjo di pendopo Kalurahan bersama dengan pamong, BPK, BUMDes, babinsa, bhabinkamtibmas, dan pendamping PKH.

“Kami atas nama pemerintah dan warga Kalurahan Kebonharjo mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Ibu My Esti. Kebonharjo masuk kalurahan miskin dan lokus stunting sehingga perlu integrasi dari seluruh stake holder pemerintah untuk penanganan kedua masalah tersebut. Ada delapan warga kami sebagai penerima RST tahun 2022. Dalam hal pelaksanaan program, kami menggandeng BUMDes untuk pengadaan material, “ ungkap Sugimo, Lurah Kebonharjo dalam sambutannya.

My Esti Wijayati berjanji akan membantu menyampaikan ajuan permohonan Pemerintah Kalurahan Kebonharjo untuk usulan RST Tahun 2023. “Jika program RST Tahun 2022 di Kebonharjo dapat mereliasikan pembangunan delapan rumah sehat serta tertib pelaporannya, maka saya pastikan tahun 2023, Kebonharjo akan kembali menjadi sasaran pemanfaat RST, “ tutur MY Esti yang disambut applaus oleh para peserta penyambutan. Dalam kesempatan itu, wakil rakyat di DPR Pusat tersebut juga menyatakan akan membantu pengembangan UMKM di Kebonharjo terutama pelaku usaha gula aren.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:27
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.534
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.172.94
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID