Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kebonharjo Maju Lomba Desa tahun 2021 Tingkat Kabupaten

05 Maret 2021 15:25:07  Administrator  540 Kali Dibaca  Berita Desa

Berdasarkan Keputusan Panewu Samigaluh Nomor 07/ KPTS/ 2021 tentang Hasil Penilaian Evaluasi Perkembangan Desa Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo memutuskan Kebonharjo sebagai juara 1 mewakili Kapanewon Samigaluh dalam Lomba Desa tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2021. Pemaparan hasil pembangunan Kalurahan telah dipresentasikan oleh Lurah Kebonharjo Rohmad Ahmadi pada Kamis, 4 Maret 2021 di Ruang Rapat Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo.


Lurah Kebonharjo mengusung tema “ReKSo Kebonharjo” sebagai inovasi Kalurahan. “Kata rekso berarti menjaga dan merupakan nama lurah pertama di Kebonharjo. Huruf R kepanjangan dari Rural Learning Centre, kami membangun Kebonharjo menjadi pusat pembelajaran. E kepanjangan dari E-government to Global Acces Network berarti sistem e-goverment menghubungkan desa yang terpencil dengan dunia luar melalui pengembangan web desa, media sosial, maupun informasi lain berbasis IT. Dua huruf KS kepanjangan dari Karang Kitri Subur Makmur dengan cara menguatkan ketahanan pangan melalui pemberdayaan masyarakat pada bidang pertanian serta peternakan. Huruf O mengandung makna Omah Ayom Ayem berarti Kalurahan merupakan rumah bersama yang memberikan perlindungan bagi seluruh warga yang tinggal. Hal ini kami lakukan dengan menggerakkan Rumah Desa Sehat untuk menangani stunting dan beberapa permasalah Kesehatan masyarakat, melibatkan perempuan dan anak dalam proses pembangunan, menangani warga ODGJ secara serius, dan membentuk desa tangguh bencana,” ungkap Rohmad.


“Inovasi yang kami kembangkan dalam rangka menyelesaikan persoalan untuk mengubah status desa tertinggal dan terpencil menjadi desa yang maju dan dikenal dari berbagai kalangan. Selain itu, inovasi kami juga bertujuan menyiapkan seluruh komponen masyarakat dalam menyambut tantangan perubahan yang dinamis di Kulon Progo,” tambahnya.


Dalam rangka mewujudkan desa aman Covid-19, Pemerintah Kalurahan Kebonharjo telah merealisasikan sejumlah 12na Desa tahun 2020 untuk persiapan adaptasi kebiasaan baru. Pelaksanaan Posko PPKM Skala Mikro tingkat kalurahan  berhasil memperoleh penghargaan dari Kapolsek Samigaluh sebagai role model penyelenggara Pelayanan Posko PPKM Mikro tahun 2021 tingkat Kapanewon Samigaluh. 


Konsistensi pengembangan inovasi desa guna meningkatkan pendapatan asli desa (PAD) dan memasukkan rencana Kalurahan dalam rencana induk Pemerintah Daerah adalah kegiatan yang akan dilakukan pasca mengikuti lomba desa.


Tiga kalurahan yang memperoleh nilai terbaik dalam pemaparan akan dikunjungi oleh tim juri lomba desa untuk verifikasi lapangan. Hasil verifikasi akan menentukan pemenang lomba desa tingkat kabupaten yang akan mewakili ke tingkat provinsi tahun 2022.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:173
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.680
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.204.52.16
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID