Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

BAZNAS Kulon Progo Tawarkan Kerjasama

11 Februari 2020 10:45:26  Administrator  382 Kali Dibaca  Berita Desa

BAZNAS Kabupaten Kulon Progo memastikan tampungan air yang dibangun oleh masyarakat di Kalurahan Kebonharjo telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Khususnya di musim kemarau, diharapkan mampu mengurangi dampak kekurangan air bersih untuk warga sekitar.


Drs. H. Abdul Majid dalam kunjungan di lokasi pembangunan menyampaikan kepuasan atas hasilnya. "Ukurannya lebih besar dari yang saya bayangkan" ungkapnya. Dengan hasil tersebut beliau masih membuka kesempatan kerjasama dalam upaya meningkatan kesejahteraan umat.

Sementara itu Rohmad Ahmadi Lurah Kebonharjo menyampaikan beberapa tantangan yang saat ini dihadapi. Selain air bersih, di Kebonharjo sedang dilakukan penanganan Orang Dengan Ganguan Kejiwaan (ODGJ). Dari data yang dihimpun oleh Puskesmas 2 Samigaluh terdapat 10 warga yang menderita dan terindikasi. Pada langkah awal dilakukan update data yang kini mencapai 17 orang. Langkah langkah penanganan awal dilakukan dengan melibatlan Puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, KUA, Dinas Sosial, Dukuh dan masyarakat berupa kunjungan ke rumah warga, pengurusan data kependudukan, pengurusan jaminan kesehatan dan pendampingan pengobatan di RSJ Grasia di Sleman.


Kendala yang masih dihadapi adalah penanganan pasca pengobatan yaitu pemeriksaan rutin, pendampingan dan peningkatan kapasitas keluarga dan pasien agar segera aktif kembali bersama masyarakat. Ada salah satu ODGJ yang sampai saat ini tidak memiliki tempat tinggal dan memerlukan tempat tinggal setelah perawatan dari RS Gracia. Saat ini sedang dipersiapkan beberapa skenario oleh pemerintah kalurahan. Lurah Kebonharjo juga menyampaikan sedang dimulainya kegiatan pemberdayaan ekonomi umat dengan mengacu dari potensi warga, yaitu penggemukan kambing dan sapi dengan berkelompok dikandang komunal. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:391
    Kemarin:532
    Total Pengunjung:308.137
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.58.77.98
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID