Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Bayam Menghijaukan Tani Pringtali ku

18 September 2019 13:02:59  Administrator  348 Kali Dibaca  Berita Desa

Sebagian besar warga dusun pringtali berprofesi sebagai petani. Kegiatan bertani yang dilakuakn oleh warga Dusun Pringtali salah satunya adalah menanam padi, singkong, dan tanaman obat-obatan.

Pertanian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia pada suatu

lahan tertentu, dalam hubungannya antara manusia dengan lahan yang disertai

pertimbangan tertentu. Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan manusia dalam melakukan pertanian disebut ilmu usahatani (Suratiyah, 2006).

Menurut Mubyarto (1995), pertanian dalam arti luas mencakup pertanian

rakyat atau pertanian dalam arti sempit disebut perkebunan (termasuk didalamnya perkebunan rakyat dan perkebunan besar), kehutanan, peternakan, dan perikanan (dalam perikanan dikenal pembagian lebih lanjut yaitu perikanan darat dan perikanan laut). Indonesia masih merupakan negara pertanian, artinya pertanian memegang peranan penting dari keseluruhan perekonomian nasional. Hal ini dapat ditunjukkan dari banyaknya penduduk yang hidup atau bekerja pada sektor pertanian atau dari produk nasional yang berasal dari pertanian.

Dusun pringtali mempunyai “ kelompok wanita tani yang bernama suka lestari” merupakan lembaga dari Dusun Pringtali yang mengaktifkan dalam bidang pertanian. Adapun tugas dari lembaga pertanian tersebut adalah menanam berbagai jenis sayur-sayuran seperti tomat, sawi, kol dan berbagai macam sayuran lainnya. Selain menanam berbagai jenis tanaman kelompok tani tersebut membuat kompos dari kotoran sapi . Kegiatan tersebut dilakukan setiap seminggu sekali yaitu pada hari rabu yang dihadiri oleh masyarakat Dusun Pringtali khususnya ibu – ibu kelompok tani wanita.

Untuk program dari kami dari bidang pertanian yaitu menanam bayam. Penanaman bayam sendiri dilakukan pada sore hari penanaman bayam dilakukan dengan menggunakan polybag penanaman bayam dilakukan untuk meningkatkan pertanian yang ada di pringtali umumnya bayam hanya di pandang dengan sebelah mata oleh semua kalangan namun bayam sendiri banyak memliki manfaat terutama bagi kesehatan salah satu kandungan dari bayam diantaranya adalah karbohidrat,fosfor,vitamin A,vitamin B selain itu bayam sangat tinggi akan kandungan beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa tetap sehat. Selain itu, mengkonsumi bayam secara rutin juga bisa mencegah peradangan dan iritasi pada mata.selain itu dapat mecegah anemia. Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang sangat baik. Tetapi, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mengkonsumsi vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi.

Bayam merupakan tanaman yang belum dimanfaatkan bagi masyarakat umumnya bayam digunakan sebagai lalapan, sayuran, atau sebagai bahan masakan. Banyak kandungan bayam yang belum diketahui oleh banyak orang. Kandungan bayam diantaranya adalah Kalori, Protein, Karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B.

Manfaat sayuran bayam adalah menjaga kesehatan mata
Sayur bayam sangat tinggi akan kandungan beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa tetap sehat. Selain itu, mengkonsumi bayam secara rutin juga bisa mencegah peradangan dan iritasi pada mata.selain itu dapat mecegah anemia. Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang sangat baik. Tetapi, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, kamu dapat mengkonsumsi vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi.

Dusun Pringtali mempunyai kelompok wanita tani yang bernama “Suka Lestari”. Kelompok tani tersebut merupakan lembaga dari Dusun Pringtali yang aktif dalam bidang pertanian. Adapun tugas dari lembaga pertanian tersebut adalah menanam berbagai jenis sayur-sayuran seperti tomat, sawi, kol dan berbagai macam sayuran lainnya. Selain menanam berbagai jenis tanaman kelompok tani. kegiatan tersebut dilakukan setiap seminggu sekali yaitu pada hari rabu yang dihadiri oleh masyarakat Dusun Pringtali.

Jenis bayam yang ditanam yaitu bayam organik. Langkah-langkah melakukan penanaman bayam penyiapan benih bayam kemudian penanaman. Penanaman bayam menggunakan tanah dan kompos selanjutnya penebaran benih bayam. Benih bayam sangat kecil, sehingga ditebar dengan tangan. Setelah penanaman dilakukan perawatan budidaya bayam. perawatan yang penting dalam budidaya bayam adalah pengaturan air, terutama pada saat benih awal benih ditebar dengan penyiraman dua kali sehari saat musim kemarau. Pemanenan bayam dilakukan 20 hari setelah penanaman.

 

Tulisan diambil dari Laporan KKN Mercubuana pada Bulan Agustus 2019

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:709
    Kemarin:322
    Total Pengunjung:302.050
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.219.112.111
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID