Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kebonharjo Peroleh Proyek Penyediaan Air Bersih dari DAK 2020

26 Juni 2020 09:08:56  Administrator  454 Kali Dibaca  Berita Desa

Kebonharjo  merupakan kalurahan yang memiliki kondisi geografis berupa pegunungan dengan kemiringan 400. “Hampir semua pedukuhan di Kebonharjo kekurangan air pada musim kemarau. Padahal jika ketersediaan mata air dikelola dengan baik, maka pada musim kemarau dapat dimanfaatkan dan tidak bergantung dari dropping air,” ungkap Rohmad Ahmadi Lurah Kebonharjo pada Rapat Koordinasi Persiapan Proyek Penyediaan Air Bersih DAK 2020 di hari Selasa, 23 Juni 2020.
Tahun 2020, Kebonharjo akan memperoleh Proyek Penyediaan Air Bersih dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kulon Progo TA 2020 sejumlah tiga ratus lima puluh tiga juta rupiah (Rp 353.000.000,00). Nur Khasani dari DC PAMSIMAS Kulon Progo menyampaikan dana tersebut ditargetkan menyasar ke empat puluh (40) keluarga penerima manfaat.

”Dalam suasana pandemi, pengerjaan harus tetap menggunakan protokol kesehatan (memakai masker menyediakan tempat cuci tangan). Utamakan pekerja dari wilayah sendiri sehingga membuka lapangan pekerjaan. Setiap pembangunan diharapkan berfungsi maksimal. Jika ada perubahan dari perencanaan sebelumnya harus ada dokumen hasil musyawarah,”pesan Nur Khasani.

Nanang selaku teknisi dari PAMSIMAS Kulon Progo memaparkan rencana gambar teknis pelaksanaan proyek. Groundtank dibangun di Padukuhan Kleben untuk menampung air yang bersumber dari mata air sungai yang membelah Kalurahan Kebonharjo. Air kemudian disalurkan ke bak tampung dekat Rumah Ngatijo Padukuhan Kaliduren lalu menuju bak tampung yang rencana akan dibangun di Banjaran Padukuhan Kedunggupit. Sambungan rumah tangga menyasar warga yang berada di Kaliduren RT 8 dan 9 serta Kedunggupit RT 10 dan RT 11.

Triongko selaku ketua Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Tirto Manunggal Karso Kebonharjo menambahkan, jika program air bersih dari Kedunggupit tahun 2020 lancar akan dipertimbangkan kelayakan sambungan air ke Padukuhan Jeringan.

Rencana dan tindak lanjut pelaksanaan proyek yang disepakati dalam rapat koordinasi antara lain penyiapan dokumen surat kerelaan tanah, RAB teknis dan gambar teknis panduan pekerjaan, serta penyesuaian gambar pelaksanaan dengan kondisi di lapangan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:23
    Kemarin:547
    Total Pengunjung:308.830
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.222.47
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID