Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

MONEV P2L 2020 di KWT Mekarsari Kaliduren

20 Juni 2020 12:56:00  Administrator  563 Kali Dibaca  Berita Desa

Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari Kaliduren mendapat kunjungan monitoring dan evaluasi Pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (MONEV P2L) dari Dinas Pertanian dan Pangan DIY serta Kulon Progo mengadakan pada tanggal 17 Juni 2020. Pandemi covid 19 yang melanda negeri ini tidak menghalangi untuk sebuah pertemuan yang mendesak tapi penyelenggara acara sesuai protokol kesehatan seperti dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan tidak bersalaman.

Ir. Aning dari Dinas Pertanian dan Pangan DIY menjelaskan apa dan fungsi dari P2L tersebut. "Bisa memanfaatkan pekarangan secara maksimal, penganekaragaman tanaman sesuai dengab B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman)," ungkapnya.

Sri Johariyah selaku ketua KWT Mekar Sari menyampaikan laporan terkait kegiatan dan realisasi bantuan dari APBN untuk tahap penumbuhan kelompok. Dana sudah cair dan utuh digunakan sesuai juknis dan juklaknya. "Kebun bibit dengan ukuran 4x5 m, pembibitan 10.000 bibit per tahun dengan rata-rata setiap minggu 800 bibit kami lakukan secara berkelanjutan selain bayem dan kangkung. Demplot sebagai sarana belajar namun juga sebagai unit produksi, kami bangun dengan luas 100m2 sesuai pola tanam, jarak tanam, dan rotasi tanaman," jelas Sri.

"Pertanaman anggota minimal 75 polibag atau cukup untuk lahan 25 m2 dengan memakai rak-rak. Pekarangan anggota minimal ditanami 5 jenis tanaman yang ditata dengan rapi dan ada nilai estetikanya. Fungsi dari pekarangan sebagai warung hidup, apotik hidup, lumbung hidup juga sebagai bank hidup. Saat pasca panen, kami telat telah menyediakan kranjang panen, timbangan, dan krak telur," papar Sri.

Pelaporan kegiatan dan keuangan dilaksanakan setiap minggu di hari Kamis diungkapkan oleh Cahyo dari Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo. Dedi dari dinas yang sama berpesan agar dalam melayani E- Warung berasal dari hasil panen kelompok. Sementara Udiarto menyampaikan apabila akan menyemai bibit cesin ditaruh di besek dengan ditarik garis- garis dan apabila akan menyemai cabe atau terong sebelumnya benih direndam semalam, ditiriskan, dan ditaruh di atas lap piring supaya berkecambah. Setelah 5 hari baru dimasukkan dalam polibag untuk menyemai.

Ketua KWT Sri Johariyah mengucapkan terima kasih dan mohon bimbingan serta motivasi dari semua pihak. Dan mohon maaf apabila dalam menanggapi Tim MONEV P2L kurang berkenan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:331
    Kemarin:346
    Total Pengunjung:307.157
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.160.154
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID