Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Pemantauan KWT Mekar Sari Kaliduren oleh Dinas Terkait

10 Juni 2020 09:17:11  Administrator  363 Kali Dibaca  Berita Desa

Jum'at (5/6/2020), Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari mendapat kunjungan pembinaan serta pemantauan dari PUSKESWAN Samigaluh dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kabupaten Kulon Progo terkait dengan telah direalisasikannya sebagian bantuan dari APBN 2020 untuk pengembangan kelompok. Pertemuan terselenggara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yaitu dengan cara memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tidak bersalaman, dan menjaga jaga jarak.

Tri Atmojo selaku dokter hewan dari PUSKESWAN Samigaluh memberi arahan kepada anggota KWT yang telah diberikan stimulan ayam, apabila ayam baru datang biar tidak stres diberi air minum gula aren. "Apabila ada ayam yang sakit maka dipisah dan pada saat memberi makan dahulukan ayam yang sehat baru ayam yang sakit. Dalam beternak harus telaten, bersabar, semangat, taati protokol kesehatan pemeliharaannya, jeli terhadap perkembangan pasaran, dan tidak kalah penting berdoa agar diberi kelancaran," jelasnya.

Tri juga menyampaikan bahwa pada saat memberi makan ayam, pemberi harus memakai baju khusus saat berada di kandang. Hal ini untuk menghindari kuman atau virus. Dijelaskan pula ayam usia 3-4 bulan diberi makan dengan perbandingan 5 dedak, 3 jagung, dan 2 sentrat. Nanti setelah siap telur dibalik 5 jagung, 3 sentrat, dan 2 dedak.

Sementara dari Dedi selaku Kasi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo menyampaikan tanaman dan ayam anggota untuk dikonsumsi sendiri dalam rangka meningkatkan taraf gizi keluarga guna menanggulangi stunting. Bila ada lebih baru dijual. Untuk kebun bibit demplot dikelola kelompok dan hasilnya juga untuk keperluan kelompok. Dedi juga menyampaian kiat-kita sukses mengembangkan KWT yakni:
1. Kejujuran
2. Disiplin
3. Mudah bergaul
4. Kerja keras
5.Dukungan pendamping
6. Cinta apa yang kita kerjakan
7. Kepemimpinan
8. Kepribadian yang kompetitif
9. Hidup teratur
10. Kemampuan menjual gagasan / kreatif

Berhubung di KWT Mekar Sari sudah berdiri KBD (kebun bibit demplot) dan rumah kandang ayam maka sesuai tradisi masyarakat setempat terselenggara pula acara kenduri selametan. Kenduri dipimpin sesepuh di Kaliduren yakni bapak Marto Wiharjo. Harapan dari seluruh pihak agat KWT Mekar Sari sukses dan jaya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:189
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:303.123
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.150.163
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID