Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Pemdes Kebonharjo Komitmen tangani ODGJ

21 Januari 2020 21:58:44  Administrator  407 Kali Dibaca  Berita Desa

Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menjadi salah satu prioritas penanganan Pemerintah Desa Kebonharjo di awal tahun 2020. Masih terdapat warga desa yang mengalami kondisi tersebut dan belum mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal. Harapannya dengan pelayanan kesehatan mereka bisa disembuhkan, pulih seperti sediakala, dan berkegiatan bersama warga masyarakat. Komitmen dan semangat pemerintah desa tersebut mendapatkan perhatian dari Puskesmas 2 Samigaluh dan Rumah Sakit Grasia.


Senin, 20 Januari 2020 dilakukan pemeriksaan dan kunjungan rumah kepada penderita  ODGJ di Desa Kebonharjo. Hadir dalam acara Dirut Rumah Sakit Grasia Dr. Ahmad Ahadi Samsul Huda M.Ph beserta jajarannya. Beliau menyampaikan perlunya perhatian bagi penderita ODGJ oleh pemerintah desa karena ganguan kejiwaan bisa terjadi oleh siapa saja. Sementara itu Kapuskesmas Samigaluh II dr. Tari Astuti menyampaikan bahwa perlu dibentuk kader penanganan ODGJ agar warga mampu menangani persoalan ini ditingkat desa.

Terdapat 3 ODGJ yg diperiksa yaitu Saudara Pyd Pedukuhan Gowok Rt. 02 Rw.01, Saudara Skd Pedukuhan Kedunggupit Rt.10 Rw.04, dan Saudara Spn Pedukuhan Kaliduren Rt.08 Rw.03

Pemerintah Desa dihadiri langsung oleh Kepala Desa Rohmad Ahmadi didampingi Babinsa Kebonharjo Ardiansah dan Linmas Desa Parbilan menyampaikan akan mendukung pemeriksaan penderita ODGJ berupa tranportasi menuju RS Grasia dengan mengunakan ambulan desa dan pengawalannya. "Selain itu kami akan berkoordinasi dengan Dukuh setempat untuk pendataan ODGJ karena kami amati masih ada beberapa warga yang belum masuk di data Puskesmas 2 Samigaluh," jelas Rohmad.
(Ra)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:328
    Kemarin:514
    Total Pengunjung:308.588
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.116.51.117
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID