Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Memperlihatkan Islam yang Moderat

10 Januari 2020 11:47:39  Administrator  415 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan silaturahmi aparatur pemerintahan di wilayah Kapanewon Samigaluh maka setiap bulan diselenggarakan pengajian. Kegiatan dilakukan di Pendopo Kapanewon Samigaluh setiap Jum'at minggu kedua. Akomodasi ditanggung Pemerintah desa dan OPD di Samigaluh secara bergiliran.
Pengajian bulan Januari diadakan pada Jum'at, 10 Januari 2020. Jumlah jamaah yang hadir mencapai 100 orang. Instansi yang bertugas dari Kantor Urusan Agama Samigaluh.
Penceramah yang mengisi adalah H. Fariq Nur Rokhim Kepala KUA Kapanewon Nanggulan peraih Kepala KUA Teladan Nasional I. Beliau mengusung tema pengajian tentang "Islam Moderat". Sifat moderat yang dimiliki oleh umat Islam, yakni tidak condong kearah berlebih-lebihan (ifrâth) ataupun meremehkan (tafrîth) dalam berbagai permasalahan yang terkait dengan agama atau dunia. Bukan termasuk kelompok mereka yang ekstrem dalam beragama (arbâb al- ghuluw fî ad-dîn al-mufrithîn), dan bukan pula termasuk yang menganulir ketentuan- ketentuan agama (arbab at-ta’thil al-mufarrithîn). Bukan pula orang-orang materialis seperti Yahudi dan Mushrikin bukan pula orang-orang rohaniawan seperti Nashara. Namun, mereka menggabungkan dua hak: hak jasad dan hak roh, serta tidak melalaikan salah satu sisi atas yang lainnya. Hal ini selaras dengan trah manusia yang terdiri dari jasad dan roh. Begitu juga dalam memandang sesuatu mereka berfikir secara objektif, komprehensif, dan konsisten.
Kepala KUA Samigaluh, Qomarruzaman menyampaikan informasi di akhir acara. Informasi yang pertama tentang Samigaluh akan menjadi tuan rumah Kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2020. Pelaksanaan kegiatan
di Bulan Maret dan kapanewon akan membentuk panitia. Alternatif lokasi yang digunakan kompleks Kantor Kecamatan Samigaluh atau di Kompleks Kantor Desa Pagerharjo. Beliau memohon partisipasi dan bantuan materi kepada seluruh instansi untuk pelaksanaan acara tersebut. Informasi kedua bahwa pengajian bulan Februari diadakan Jum'at, 14 Februari 2020 dengan petugas dari Desa Purwoharjo dan SMP N 3 Samigaluh.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.605
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.539
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.121.242
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID