Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Wingko Si Manis Sumber KehidupanKu

20 September 2019 17:11:14  Administrator  1.110 Kali Dibaca  Berita Desa

Komoditas pertanian yang ada di daerah Dusun Pringtali salah satunya adalah singkong. Banyak warga yang menanam singkong di lahannya. Warga Dusun Pringtali biasanya menjual singkong di daerah pasar-pasar dengan harga yang murah yaitu kisaran Rp 3000. Untuk meningkatkan harga jual pada singkong tersebuat maka kami melakukan pembelajaran tentang pembuatan wingko yang berbahan dasar singkong. Mungkin pada umumnya wingko dibuat dengan menggunakan tepung ketan.  Untuk meningkatkan nilai ekonomis hasil pertanian singkong maka dilakukan pembuatan wingko singkong.

Wingko merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari

Babat, Jawa Timur. Wingko juga berkembang di Semarang, Jawa Tengah dan

lebih dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Semarang, Jawa Tengah.

Wingko adalah makanan semi basah yang dibuat dari tepung ketan, kelapa parut

dan gula, dengan atau tanpa penambahan bahan makanan dan bahan tambahan

makanan lain yang diizinkan. Wingko memiliki rasa manis legit dengan cita rasa gurih dari kelapa. Wingko umumnya sangat digemari oleh semua kalangan

masyarakat karena memiliki cita rasa dan tekstur yang khas (SNI 01-4311-1996).

Wingko babat adalah makanan semi basah yang dibuat dari bahan dasar

tepung ketan, gula dan kelapa parut yang dioven dengan atau tanpa penambahan

bahan tambahan makanan lain yang diizinkan (Ronsley et al, 2001).

 Wingko babat biasanya berbentuk bundar dengan tekstur padat dan kenyal serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko babat dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Wingko babat biasanya dikonsumsi sebagai hidangan selingan.

      Di Padukuhan Pringtali mayoritas perkebunan merupakan penghasil singkong untuk memanfaatkan hasil dari pertanian tersebu.  Agar menjadi nilai ekonomis yang tinggi, maka dilakukan pembuatan wingko dengan menggunakan singkong. Pembuatan wingko singkong ini bertujuan untuk meningkatkan hasil olah singkong.

      Pada dasarnya ibu-ibu di Dusun Pringtali tidak pernah melakukan kegiatan yang efisien atau kegiatan yang yang dapat meningkatkan pendapatan penghasilan. Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan pada ibu-ibu Dusun Pringtali sehingga kegiatan yang dilakukan hanya sebatas arisan tanpa adanya kegiatan yang dapat mendapatkan pendapatan tambahan. Sehingga dari program yang dibuat bertujuan ingin menambahkan pengetahuan mengenai pentingnya pengolahan dan pengemasan dari olahan wingko singkong.

      Di padukuhan pringtali banyak memiliki lembaga-lembaga kemasyarakatan diantaranya adalah UPKKS, PPK, dan Wanita Tani Suka Lestari, yang memiliki kegiatan pengolahan dan penanaman. UPPKS sendiri merupakan program pemberdayaan ekonomi keluarga yang dikembangkan melalui usaha ekonomi mikro dengan sasaran keluarga, khususnya keluarga pra-sejahtera dan keluarga sejahtera. Sasaran peserta UPPKS adalah peserta KB dan pasangan usia subur khususnya keluarga pra-sejahtera. Sesuai dengan agenda kegiatan rapat bulanan UPPKS dusun pringtali mengadakan pertemuan di rumah anggota pada hari sabtu tanggal 3 Agustus 2019. Adapun anggota yang hadir saat sosialisasi pembuatan wingko singkong adalah 10 orang.

      Sosialisasi pembuatan wingko singkong juga dilakukan pada kelompok PKK di Padukuhan Pringtali khusunya di Rt 15. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau disingkat PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK sendiri terkenal dengan 10 program pokoknya, salah satunya yaitu pangan. Pemanfaatan singkong dalam pembuatan wingko singkong berkaitan erat dengan ketersediaan pangan. Sosialisasi pembuatan wingko singkong pada kelompok PKK dihadiri oleh 21 ibu ibu Rt 15.

      Untuk bahan dari wingko singkong yaitu, singkong, kelapa parut, garam, gula, telur dan margarin. Margarin memiliki fungsi untuk menjaga tekstur agar tetap lembab dimana margarin ini dapat mengikat air dalam adonan. Telur memiliki fungsi untuk merekatkan adonan. Adapun cara pengolahan wingko singkong adalah singkong dikupas kemudian diparut, setelah itu menyiapkan kelapa dan diparut, menyiapkan gula, telur, margarin setelah bahan-bahan disiapkan kemudian mencampurkan gula, telur setelah itu memasukkan singkong dan kelapa yang telah diparut kemudian mencampurkannya sampai homogen. Setelah menjadi adonan kemudian dicetak dengan menggunakan cetakan ditunggu sampai dengan wingko singkong tersebut matang.

      Untuk meningkatkan nilai ekonomis dari singkong kami memberikan desain untuk kemasan dari wingkong yaitu berupa plastik yang dilapisi dengan logo wingko singkong. Tujuan dari dibuatnya kemasan ini adalah untuk mengingkatkan nilai ekonomis dari wingko singkong tersebut.

      Wingko yang dibuat dengan takaran 1 kg singkong dan 3 butir kelapa menghasilkan kira-kira 70 bungkus, dengan hasil rasa mirip dengan wingko babat berbahan dasar tepung ketan, dengan bau khas wingko, rasa manis dan gurih. Setelah dilakukan pengemasan tim KKN Mandiri 02 mencoba untuk mengkalkulasi harga dengan beban yang dicantumkan yaitu 20% untuk tenaga kerja 10han bakar dan 10% laba yaitu harga jualnya menjadi Rp 1000/buah.

      Manfaat yang diperoleh warga setelah mengikuti sosialisasi yaitu warga menjadi bertambah inovasi dan meningkatkan ketrampilan. Dan warga dapat mengolah makanan sehingga mampu meningkatkan nilai jual dari potensi hasil pertanian singkong. Antusias yang cukup tinggi pada ibu-ibu dalam melakukan kegiatan dan rasa ingin tahu membuat program ini dapat terlaksana dengan lancar.

Tulisan bersumber dari Laporan KKN Mercubuana pada Bulan Agustus 2019

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:530
    Kemarin:388
    Total Pengunjung:307.744
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.16.218.62
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID