Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Peningkatan Kapasitas Rois Kebonharjo melalui Pelatihan Penyembelihan Kurban

14 Agustus 2019 11:17:21  Administrator  316 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Desa Kebonharjo bekerja sama dengan Ikatan Alumni Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur (IKA PWS) dan Daarut Tauhiid Peduli (dtPeduli) mengadakan pelatihan penyembelihan kurban bagi rois Desa Kebonharjo. Acara diselenggarakan di Balai Desa Kebonharjo pada hari Kamis, 7 Agustus 2019 sejak pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Selain rois, hadir pula sejumlah perangkat desa, warga, dan bhabinkamtibmas.

Narasumber yang mengisi acara, Ustadz Anant pengasuh Pondok Pesantren Gua Hiro Kulon Progo. Beliau menyampaikan tata cara penyembelihan hewan kurban yang syar’i dan bersih. Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam proses penyembelihan hewan qurban, pisau tajam, perobohan hewan qurban dengan baik, hewan tidak dianiaya dan proses menguliti hewan yang baik. Untuk memulai proses menguliti harus dipastikan terlebih dahulu bahwa hewan memang sudah meninggal.

Tips-tips dalam merobohkan hewan qurban juga disampaikan oleh beliau dalam kesempatan kali ini, “Ketika salah dalam menjatuhkan sapi, sapi bisa berubah sangat galak, karena sapi punya sifat menyerang,”  imbuh beliau. Beliau juga menyampaikan beberapa tata cara penyembelihan hewan kurban yang salah, yang beresiko untuk tim penyembelih maupun hewan kurban sendiri. Terakhir beliau berpesan untuk selalu berhati-hati dalam setiap proses pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.

Diadakannya acara ini dengan harapan pengetahuan warga mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban meningkat, khususnya untuk rois di Desa Kebonharjo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:305.731
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.58.57.131
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID