JARAKAN HIJAU IKUTI LOMBA TILIK PEDUKUHAN TINGKAT KECAMATAN

Administrator | 30 Juli 2019 12:05:50 | Berita Desa | 4 Kali

Pedukuhan Jarakan dikunjungi tim penilai Tilik Pedukuhan dari Panitia Peringatan HUT KEM-RI ke-74 Kecamatan Samigaluh kemarin (Senin, 29 Juli 2019). Rangkaian acara dimulai dari upacara pembukaan, penilaian lapangan/kunjungan ke wilayah pedukuhan, dan upacara penutupan. Upacara pembukaan dan penutupan dipusatkan di rumah Bapak Wasijan Ketua BPD Desa Kebonharjo yang berada di Rt 06 Jarakan. Penyambutan tim diramaikan dengan pertunjukan karawitan SD Muhammadiyah Jarakan di bawah pengasuhan Ibu Sumarsih, S.Pd.

Amir Susanto selaku Ketua RW 02 menyampaikan ucapan selamat datang dan profil pedukuhan. “Jarakan merupakan pedukuhan hijau yang dikandung maksud wilayah pedukuhan yang subur dan sebagian besar berupa tanah perkebunan pertanian”, ungkapnya. Pedukuhan ini dihuni oleh 90 Kepala Keluarga yang tersebar di 3 RT. Terdapat lembaga pendidikan yang lengkap dan berjenjang yaitu Lembaga PAUD Pijar Abadi, SD Muhammadiyah Kebonharjo, SMP Muhammadiyah 2 Samigaluh, dan SMK Bobkri Samigaluh.

Camat Samigaluh, Triyanto Raharjo menyampaikan terima kasih kepada tim pedukuhan karena kesiapannya dalam mengikuti lomba yang ditunjukkan dengan kebersihan lingkungan dan kerapihan tempat penyambutan tamu. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa tilik pedukuhan merupakan ajang bagi camat dan jajarannya, sejumlah OPD, dan lembaga terkait untuk mengecek langsung tingkat kemakmuran warga. Beliau berpesan kepada seluruh warga khususnya di Pedukuhan Jarakan agar senantiasa siap menghadapi revolusi industri 4.0 dengan menyiapkan generasi yang cerdas mencari peluang.

Tim penilai tilik pedukuhan terbagi menjadi 4 kelompok untuk melakukan kunjungan ke setiap wilayah pedukuhan dan mengunjungi rumah warga. Ada 8 bidang yang dinilai oleh tim yaitu bidang ekonomi masyarakat, pemerintahan, pendidikan, kesehatan masyarakat, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, dan lembaga kemasyarakatan. Pada kegiatan kunjungan di rumah warga, menunjukkan antusias warga dalam menyambut tim. Selanjutnya tim penilai juga mengecek administrasi pedukuhan dan administrasi kelembagaan yang ada di pedukuhan, yang mana pengecekan ini dipusatkan di rumah Dukuh Jarakan.

Kesan dan pesan disampaikan oleh Ketua Panitia HUT KEM- RI ke-74, Widayat dalam upacara penutupan. Kesan pertama adalah adanya persiapan warga dalam menyambut tim penilai yang ditunjukkan dengan kondisi lingkungan. Harapannya dengan kegiatan tilik pedukuhan mampu memastikan kebijakan pemerintah bisa menyentuh sampai tingkat masyarakat karena kegiatan ini ada kunjungan ke warga secara langsung. “Tolong Bapak/Ibu,  kebersihan rumah dan lingkungan tetap dijaga sebagai langkah utama menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit, walaupun tim telah selesai melakukan penilaian”, pesan beliau.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Desa : KEBONHARJO
Kecamatan : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : -
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung