Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Pemdes Kebonharjo Gandeng Pelkes Margo Mulyo Atasi Stunting dan Hipertensi

30 Juni 2019 23:08:19  Administrator  309 Kali Dibaca  Berita Desa

Benjamin Salim mengungkapkan kesan yang mendalam untuk warga yang hadir dan mengapresiasi tanggapan warga dalam menerima Bakti Sosial yang ia adakan bersama tim Pelayanan Kesehatan GPIB Margo Mulyo Yogyakarta di Balai Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo pada hari Sabtu 29 Juni 2019.

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari diskusi bersama dengan Pemdes Kebonharjo untuk meningkatkan budaya periksa kesehatan warga desa agar mampu terdeteksi sejak dini potensi ganguan kesehatan yang akan timbul. Untuk menarik warga di meriahkan urgent tunggal putra putri Kebonharjo yang dipimpin Bapak Mardi.
Selain itu, bakti sosial untuk menciptakan ruang transfer pengetahuan kesehatan kepada warga diwujudkan melalui peyuluhan dan diskusi dalam mengenali dan mencegah penyakit tidak menular hipertensi. Hal ini merujuk dari hasil Survey Mawas Diri ( SMD) dimana terjadi peningkatan jumlah pasien yang menderita gejala hipertensi berdasar data pasien di Pusling, Puskesmas Pembantu dan Puskemas 2 Samigaluh.
Bidan Desa Tyas Ningrum yang terlibat monitoring dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pasien yang periksa masih ada yang belum periksa di layanan kesehatan milik pemerintah dan belum terdata, kegiatan ini ternyata mampu menambah informasi warga yang belum periksa dan perlu perhatian lagi ungkapnya.

Selain hipertensi Pemerintah Desa Kebonharjo juga memiliki agenda utama dalam penanganan stunting, saat ini masih diangka lebih dari 30�lita mengalami stunting, dengan membagikan 33 bingkisan PMT untuk Balita dan pemeriksaan mampu menguraangi angka tersebut.
Sebayak 4 dokter memberikan pelayanan dan salah satunya adalah dokter gigi, kegiatan yang berlangsung dari jam 10.00 WIB berakhir sampai jam 12.30 dan sebanyak 74 pasien antusias memeriksakan kesehatannya.

Hadir dalam kesepatan tersebut Kepala Desa Kebonharjo, Rohmad Ahmadi S.IP, Babinsa, Bhabinkhatibmas, Perangkat Desa, Bidan Desa, BPD, Mahasiswa KKN Atmajaya dan warga masyarakat.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:431
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.938
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:50.17.63.57
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID