Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Alumni SMP 7 Yogyakarta Berdayakan Warga Melalui Makanan Sehat

06 April 2019 07:27:05  Administrator  324 Kali Dibaca  Berita Desa

Berbagi adalah spirit yang melekat pada setiap insan, merupakan kekuatan batin pembentuk karakater bangsa khususnya diwilayah D.I Yogyakarta. Dalam pitutur jawa sering di ungkapakan migunani tumraping liyan atau kehadiran kita bermanfaat bagi orang lain, tentunya yang membutuhkan. 
Kebersamaan saat sekolah dijadikan momentum berbagi bagi kelompok alumni SMP 7 Yogyakarta, dengan melakukan bakti sosial. Cukup berbeda dengan kegiatan biasanya karena mereka berbagi pengetahuan buat warga Desa Kebonharjo Kecamatan Samigalauh, Kabupaten Kulon Progo dalam hal pemenuhan gizi berimbang untuk balita (bayi dibawah usia lima tahun). 
Hasil kebun yang ada disekitar warga terkadang terlupakan untuk memenuhi gizi mereka. Munculnya berbagai macam produk olahan pangan menjadikan balita lebih tertarik pada makanan tersebut, yang terkadang tidak memperhatikan kesimbangan gizinya. Kita ketahui bersama bahwa gizi yang seimbang akan berdampak pada pertumbuhan anak yang baik untuk mempersiapkan Indonesia Emas. 
Kegiatan baksos diwujudkan dengan belajar bersama membuat menu balita yang berasal dari tanaman disekitar warga. Berbagai menu olahan di buat oleh warga seperti sempol ayam dan sayur, bola-bola ketela toping coklat dab ubi saus santan dibuat oleh warga Pedukuhan Pringtali pada hari minggu 11 Maret 2019. Warga sangat antusias dalam kegiatan yang sudah dilaksanakan 2 kali seperti yang disampaikan Budi Hariyono koordinator pelaksanaan, 
yang sebelumnya kami turun (tangan red) ikut masak, kalau kini malah mereka minta kami mengawasi aja, minta resep dan bahan yang gampang dicari tambanya. 
Selain praktek membuat makanan juga dilakukan penyampaian materi tumbuh kembang anak oleh Bidan Anisa, pembagian susu sesuai dengan umur dan penyerahan bibit lele. 
Kegiatan ini dilakukan di Pedukuhan Jarakan dan Pringtali. 
Baksos dilakukan rutin dengan mengunjungi langsung di Posyandu yang berada di pedukuhan tersebut selama 6 bulan. 
Video kegiatan bisa dilihat di https://youtu.be/Vmrk_onfZ8c #desakebonharjo#samigaluhkotamenoreh 

Dikutip dari: https://www.atmago.com/posts/alumni-smp-7-yogyakarta-berdayakan-warga-melalui-makanan-sehat_post_id_6a1acc97-17a7-4da7-8986-2942d24af126

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.030
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:303.964
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.191.157.186
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID