Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Peningkatan Kapasitas LPMKal Langkah Wujudkan Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif

23 November 2021 10:31:58  Administrator  394 Kali Dibaca  Program Kerja

Dalam rangka meningkatkan pemahaman pengurus LPMKal Kebonharjo periode 2021-2026 terhadap tugas dan fusngsinya, maka pada Selasa (9/11) terselenggara kegiatan Peningkatan Kapasitas LPMKal dengan narasumber Djawadi selaku Koordinator LPMKal Kapanewon Samigaluh di Pendopo Kalurahan Kebonharjo. Selain pengurus LPMKal, hadir dalam acara Pj Lurah Kebonharjo, Ketua BPK Kebonharjo, Carik Kebonharjo, dan Ulu-ulu Kebonharjo.

“Tujuan penyelenggaraan kegiatan Peningkatan Kapasitas LPMKal kali ini agar seluruh pengurus memahami terhadap tugas dan fungsinya sehingga dalam berorganisasi tercipta keharmonisan. Dalam rangka mencapai salah satu SDG desa yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif, kami rutin menyelenggarakan peningkatan kapasitas lembaga yang ada di kalurahan, ‘’ tutur Agus Budiarto Pj Lurah Kebonharjo.

Djawadi menerangkan bahwa LPMKal merupakan mitra pemerintah Kalurahan yang dibentuk untuk membantu Pemerintah Kalurahan dalam penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pembangunan. “Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2020 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan, masa jabatan pengurus LPMkal adalah 5 (lima) tahun dengan susunan pengurus yang terdiri dari pengurus inti (ketua, sekretaris, bendahara) dan beberapa seksi sesuai kebutuhan Kalurahan, “ tambah Djawadi.

Sejak dilantik awal Maret 2021, LPMKal Kebonharjo terlibat dalam pengadaan kambing program pemberdayaan masyarakat, mengawal perencanaan Kalurahan dimulai dari musyawarah padukuhan (Musduk), musyawarah Kalurahan (Muskal), penyusunan RKP Kalurahan, musyawarah perencanaan pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal), serta sebagai anggota Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) wilayah maupun tingkat Kalurahan. Selama tiga bulan akhir tahun anggaran 2021, LPMKal sebagai pelaksana kegiatan Pelaksanaan Pekerjaan Padat Karya Hibah Uang APBD Perubahan TA 2021.

“Pemerintah Kalurahan Kebonharjo telah melibatkan LPMKal sesuai tugas dan fungsinya. Saya mohon kepada seluruh pengurus untuk lebih mengintensifkan komunikasi dan koordinasi agar terwujud kelambagaan yang harmonis,’’ pesan Djawadi di akhir acara.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:59
    Kemarin:388
    Total Pengunjung:307.273
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.196.217
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID