Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Masjid Al Fajri Hajah Jamilah Kaliduren diresmikan Bupati Kulon Progo

10 November 2020 13:23:22  Administrator  432 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertepatan dengan hari Minggu, 8 November 2020, Masjid Al Fajri Hajah Jamilah yang berada di Kaliduren Rt 009 Rw 03 Kalurahan kebonharjo Kapanewon Samigaluh diresmikan oleh Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo. Penyelenggaraan acara berjalan lancar dan khidmat tanpa mengundang massa. Turut menyaksikan peresmian, pamewu Samigaluh, Sumardi dan Suharto selaku DPR Kabupaten Kulon Progo, Kapolsek Samigaluh, Danramil Samigaluh, Lurah Kebonharjo, Dukuh Kaliduren, dan segenap tamu undangan.

Sukarman selaku Dukuh Kaliduren mewakili panitia rehab/renovasi masjid menyampaikan laporan perbaikan masjid. "Rehab Masjid Al Fajri Hajah Jamilah terbangun berkat bantuan dari keluarga besar Bapak Prato Januri dari Singapura, BAZNAS Kab Kulon Progo sejumlah sepuluh juta rupiah,  BASCAM Kapanewon Samigaluh sejumlah 3,5 juta rupiah, 24 zak semen dari donatur, dan swadaya jamaah masjid. Awal mula berdirinya masjid hanya berupa bangunan kayu karena pembiayaan cuma dari iuran warga sekitar dan bantuan mahasiswa KKN UII tahun 2005. Alhamdulillah dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga masjid ini dapat diperbaiki dan direnovasi seindah ini."ungkap Sukarman.

Lebih lanjut Sukarman menjelaskan bahwa kelurga besar Bapak Prato Januri dari Singapura selain merehab bangunan masjid juga melengkapi sarana prasarana kelengkapan ibadah di masjid, bantuan sembako bagi 104 KK Padukuhan Kaliduren, serta bantuan alat ibadah. "Jalan masuk ke masjid sepanjang 125 m juga dibangun rabat beton selebar 1, 5 m dan dipasangi 6 titik lampu penerangan," tambahnya.

Kegiatan keagamaan yang dilakukan selain ibadah wajib juga terselenggara yasinan tiap malam Jum'at dan arisan kurban sebesar Rp 10.000, 00 (sepuluh ribu rupiah)/KK dengan jumlah jamaah 35 KK.

Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembanguna tempat ibadah harus selalu dinamis sesuai perkembangan zaman. Beliau juga berpesan agar jangan sampai masjid hanya seperti menara gading tapi harus dioptimalkan untuk kegiatan sosial keagamaan dan peribadahan. "Saya salut akan kebersamaan dan gotong royong warga Kaliduren dan mohon untuk tetap dijaga dan dilestarikan, " ungkap Sutedjo.

Masjid Al Fajri Hajah Jamilah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kulon Progo ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan bedug. Selain meresmikan masjid, Bupati melanjutkan kunjungan ke pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) sumber APBKal Kebonharjo yang ditujukan untuk penanganan ODGJ di Padukuhan Kedunggupit.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:269
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.776
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.92.84.196
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID