Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kepala Desa Kebonharjo akan diganti Lurah

24 Januari 2020 16:25:51  Administrator  348 Kali Dibaca  Berita Desa

Sudarmanto Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon progo pada hari Rabu 22 Januari 2020 dalam rapat persiapan pelantikan dan pengukuhan lurah menyampaikan bahwa kepala desa akan berganti penyembutan nomenklatur menjadi lurah sebagai pengampu kewenangan keistimewaan di tingkat desa. Pengukuhan lurah merupakan kelanjutan proses perubahan desa menjadi kalurahan setelah semua desa di Kulon Progo telah membuat Peraturan Desa tentang Kewenangan Kalurahan.

Pelantikan dan pengukuhan lurah sebagai salah satu pengampu keistimewaan di wilayah kalurahan. Bukan sekedar hanya pergantian nama tapi lurah juga memperoleh pelimpahan pengurusan keistimewaan bidang pertanahan, kebudayaan, dan tata ruang. Lurah mendapatkan mandat dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pemangku keistimewaan Yogyakarta sehingga dikukuhkan oleh gubernur.

Seluruh kepala desa se Kabupaten Kulon Progo akan dilakukan pelantikan dan pengukuhan lurah di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada Senin 27 Januari 2020 jam 09.00 WIB. Pelantikan lurah dilakukan oleh Bupati Kulon Progo dan pengukuhan lurah sebagai pemangku keistimewaan oleh Gubernur DIY. Dalam acara tersebut lurah yang dilantik menggunakan pakaian tradisional Jawa Yogyakarta dan mengenakan Tanda Jabatan Lurah. Pelantikan lurah juga mengundang suami/istri lurah dan ketua BPD tiap-tiap desa.

Wahyu selaku Biro Tata Pemerintah Pemerintahan Sekda DIY menyampaikan bahwa pengukuhan sebagai pemangku keistimewaan menjaga tujuan keistimewaan dapat dijalankan. Pengukuhan yang dilakukan langsung oleh Gubernur DIY juga merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah Kulon Progo yang pertama kali melakukan penataan kelembagaan sesuai keistimewaan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada hari dimana kepala desa telah dilantik dan dikukuhkan menjadi lurah maka desa telah resmi menjadi kalurahan. Lurah di hari yang sama juga menerbitkan Keputusan Lurah tentang Perubahan Nomenklatur Pamong Kalurahan. Pelantikan pamong harus dilakukan paling lambah 31 Januari 2020.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:267
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:291.356
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.139.122
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID