Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Ciptakan Generasi Islami melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an

21 Januari 2020 08:32:41  Administrator  1.343 Kali Dibaca  Berita Desa

Ahad tanggal 19 Januari 2020, Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) “Nurul Hidayah” yang beralamat di Pedukuhan Kaliduren, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh mengadakan lomba untuk para santrinya. Perlombaan yang diadakan meliputi lomba adzan, hafalan surat pendek, tartil, mewarnai, lari kelereng, lari rukun Islam. Setiap santri hanya dapat memilih satu jenis lomba yang akan diikuti. Juara 1-3 dan harapan 1-3 memperoleh hadiah sedangkan yang tidak dapat juara diberi bingkisan.


Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) “Nurul Hidayah” melakukan pertemuan sebanyak 4 kali/minggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Ahad mulai dari pukul 14.30 sampai dengan pukul 17.45 WIB. Kegitan pembelajaran berupa kegiatan perbaikan bacaan Al-Quran dengan komponen pembelajaran membaca dan menulis, hafalan surat-surat pendek, hafalan doa bersama, hafalan hadist, pembalajaran peningkatan pemahaman keislaman dan kegiatan lain yang menumbuhkan kreasi anak-anak. Kegiatan rutin TPQ dibimbing oleh Ibu Siti Tadkhiroh selaku Penyuluh Agama Honorer (PAH), ibu Sri Johariyah, Ibu Tatik Purwantari, dan Ibu Masirah.


Rutinitas kegiatan TPQ diawali dengan hafalan surat juz 30, praktek ibadah (memperagakan gerakan sholat cukup dengan 1 rakaat), melaksanakan sholat ashar berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu belajar membaca iqro’ dan membaca Al Qur’an. Setiap anak yang sudah selesai mengaji diberikan tambahan 1 bacaan hafalan berupa hafalan surat pendek, hafalan hadist atau hafalan doa sehari-hari. Santri ditugasi untuk menyalin tulisan arab di buku masing-masing dengan tujuan mengentaskan anak dari buta baca dan tulis huruf arab, juga untuk mensiasati agar anak maksimal dalam belajar, dan tidak mengganggu teman lain. Kegiatan ditutup dengan hafalan surat yang terakhir kali diajarkan dan tanya jawab.


Selain kegiatan rutin yang dilaksanakan, TPQ NURUL HIDAYAH juga memfasilitasi para santrinya untuk dapat mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti seni menari dan lomba-lomba keagamaan tingkat kapanewon dan kabupaten. Dalam meningkatkan syiar Islam, TPQ NURUL HIDAYAH juga menghidupkan kegiatan peringatan hari besar Islam seperti Isra Mi’raj, pesantren kilat ramadhan, dan kegiatan syiar keislaman.
Sejumlah prestasi telah diraih para santri. Sepuluh santri lolos Festifal Anak Sholeh Indonesia (FASI) tahun 2019 tingkat kecamatan kemudian di tingkat kabupaten, satu santri meraih Juara I bidang lomba pidato TKA dan akan maju ke tingkat provinsi tanggal 8 Maret 2020.


"Selain utk persiapan FASI, kami juga sedang mempersiapkan untuk keikutsertaan para santri dalam MTQ tingkat kabupaten  di bulan Maret 2020 dimana Kapanewon Samigaluh menjadi tuan rumahnya," jelas Tatik . Beliau berharap pada event FASI dan MTQ, santri TPQ Nurul Hidayat bisa memberikan yg terbaik untuk Desa Kebonharjo. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:304
    Kemarin:291
    Total Pengunjung:291.393
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.203.242.200
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID