Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Diseminasi Pangan Aman oleh PKK Desa Kebonharjo

04 November 2019 12:17:08  Administrator  385 Kali Dibaca  Berita Desa

TP PKK Desa Kebonharjo lakukan diseminasi pangan aman pada hari Sabtu, 02 November 2019 bertempat di Balai Desa Kebonharjo. Pertemuan yang dihadiri anggota dan pengurus TP (Tim Penggerak) PKK itu menampilkan 2 orang pemateri, Ibu Sri Johariyah dan Ibu Siti Nuryati.

Materi pertama, terkait dengan pemilihan dan penyimpanan bahan pangan disampaikan oleh Ibu Sri Johariyah.

Standar keamanan pangan keluarga meliputi : pembelian bahan pangan, menyimpan pangan dengan aman, menyiapkan dengan seksama, serta menyajikan pangan dengan aman. Jangan lupa, untuk selalu menjaga kebersihan baik pangan maupun peralatan.


Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli pangan agar aman bagi keluarga antara lain, tempat dan kondisi bahan. Ibu rumah tangga sebaiknya memilih tempat yang terjaga kebersihannya, juga memilih bahan makanan yang segar.

Dalam menyimpan makanan harus dipisahkan antara makanan yang mentah dan yang matang. Selain itu penyimpanan makanan juga harus dijauhkan dari tempat penyimpanan obat-obatan.


Untuk penyiapan makanan perlu dilakukan dengan seksama, saat penyajian harus menyesuaikan dengan jenis pangan yang ada. Bisa dalam keadaan panas, dingin, matang, atau mentah sesuai dengan kebutuhan.


Hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah selalu menjaga kebersihan baik peralatan maupun bahan pangan baik dalam pengolahan maupun penyimpanan bagi setiap keluarga.


Oleh karena itu perlu juga selalu diingat 5 Kunci keamanan pangan, antara lain: menjaga kebersihan dengan cuci tangan, memisahkan pangan matang dari yang mentah, memasak dengan benar (di atas 70°C) menjaga pada suhu aman (-5°C - 65°) serta selalu menggunakan air dan bahan aman.


Materi kedua tentang pangan thoyyib atau layak konsumsi disampaikan oleh pemateri Ibu Siti Nuryati.


Pangan layak konsumsi adalah pangan yang aman, bermutu, bergizi dan proporsional.


Pangan aman merupakan pangan yang bebas dari bahaya biologis, kimia dan fisik.


Bahaya biologis bisa berupa cemaran mikroba atau parasit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ciri pangan ini antara lain, bersih, kemasan tidak rusak, dan tidak basi.


Pangan aman dari bahaya kimia adalah pangan yang bebas dari cemaran kimia beracun seperti residu pestisida, logam berbahaya, serta tidak menggunakan BTP (Bahan Tambahan Pangan) berlebih.


Ciri pangan yang menggunakan BTP berlebih antara lain, timbul rasa pahit atau getir, terasa tebal di lidah, terlalu kenyal atau renyah, tidak dihinggapi lalat, berwarna sangat mencolok.


Pangan aman dari bahaya fisik adalah pangan yang bebas dari cemaran fisik atau benda asing yang dapat membahayakan jika tertelan. Cemaran fisik bisa berupa rambut, serpihan kayu, staples, kerikil dan lain-lain.


Selain aman, makanan juga harus bermutu. Pangan bermutu adalah pangan yang aman, memiliki kandungan gizi, dan memenuhi standar pemerintah.


Sedangkan pangan bergizi maksudnya makanan mengandung gizi yang dibutuhkan fan berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Makanan bergizi mengandung setidaknya salah satu dari unsur air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua unsur gizi tersebut dibutuhkan dan memiliki fungsi tersendiri dalam menjaga kesehatan kita. Oleh karena itu, konsumsi pangan harus proporsional atau seimbang.


Untuk menjamin bahwa pangan yang dikonsumsi aman, sebaiknya selalu cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluwarsa).

Jeng Menur

Diunduh dari: https://www.atmago.com/post/diseminasi-pangan-aman-oleh-pkk-desa-kebonharjo_1533a073-1e01-4098-9bb9-0c200f6e5912

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:127
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:305.856
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.129.247.196
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID