Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Geliat Harga Kelapa

03 Oktober 2019 16:21:32  Administrator  402 Kali Dibaca  Berita Desa

Harga buah kelapa di Samigaluh sempat menyentuh harga Rp 2000 per butir kini mulai membaik menjadi Rp 2.500 per butir. Menurut buruh petik kelapa, (Tlepong Sunardi) ditemui di dusun Kaliduren desa Kebonharjo kecamatan Samigaluh, (28/09/2019). Saat memanen kelapa mengakui, harga kelapa dalam beberapa bulan terakhir cenderung stabil dan jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan sebelumnya yang sempat berada dibawah angka Rp 2000 perbutir. “Sekarang sudah mencapai angka Rp 2500 perbutir, cukup menggembirakan buat petani,” ungkapnya.

Memang pada saat musim kemarau ini harga kelapa cukup baik. Dengan harga yang cukup lumayan baik itu para petani seharusnya kembali memperhatikan tanaman kelapa mereka. Perawatan dan pemupukan sebenarnya sangat dibutuhkan agar kelapa dapat berbuah secara maksimal dan bagus. Agar harga yang stabil mampu menjadikan petani bergairah dengan kenaikan harga yang cukup baik saat ini. Mereka tidak lagi membiarkan buah kepala jatuh sendiri dan terbuang percuma seperti sebelumnya. Ketika waktu itu harga kelapa di angka Rp. 600 per butir.

Diakui oleh Marsito petani pemilik kebun kelapa mengungkapkan meski kelapa sedang berbuah, namun pada saat sebulan yang lalu para petani lebih konsen untuk memanen cengkeh dibandingkan kelapa. Inilah yang menyebabkan tukang petik kelapa mematok ongkos upah sama dengan petik cengkeh. Sehingga ini menyebabkan kesulitan petani kelapa dalam membagi hasil panen dengan ongkos produksinya.

#desakebonharjo

Ditulis oleh:

 Budi Kariyowitono

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:419
    Kemarin:514
    Total Pengunjung:308.679
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.141.202
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID