Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Sosialisasi dan Pelatihan Pertanian Oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo di Kelompok Gotro

09 Mei 2023 09:04:42  Administrator  781 Kali Dibaca  Berita Lokal

Senin,  9 Mei 2023 Kelompok Tani Gotro di Padukuhan Gowok, Kebonharjo menerima kunjungan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo. Dalam kunjungan tersebut disampaikan sosialisasi program kegiatan ternak Kabupaten Kulon Progo,  salah satunya penyaluran bantuan ternak bagi kelompok Tani Gotro. Bantuan ini merupakan kelanjutan dari bantuan kandang dan ternak yang sudah berjalan sejak tahun 2015.

Di tahun 2023 Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo akan menyalurkan sejumlah ternak Kambing PE yang terdiri dari 14 ekor Kambing PE betina dan 2 ekor kambing PE jantan. Selain ternak, kelompok tani juga menerima bantuan 1 set peralatan pembuatan pakan fermentasi yang  berupa 1 unit Cooper, 5 unit Drum, 1 unit terpal dan 5 botol prebiotik  untuk memudahkan petani dalam memenuhi dan menyiapkan kebutuhan pakan ternak serta untuk menjamin ketersediaan pakan ternak. 

Selain sosialisasi bantuan ternak pada hari yang sama juga dilakukan pelatihan pembuatan pakan fermentasi dengan menggunakan alat bantuan yang sudah ada. 

Kehadiran bantuan hendaknya tidak mempengaruhi kekompakan anggota, karena tujuan pemberian bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama anggota kelompok. 

Harga ternak supaya ditaksir ulang untuk menghitung aset kelompok, perkiraan harga merupakan hak kelompok. Turunan (anakan) dihitung sebagian untuk kelompok karena bantuan ternak merupakan aset/milik kelompok. 

Masyarakat hendaknya memahami bahwa ternak merupakan aset kelompok, bukan merupakan bantuan hibah bagi anggota kelompok oleh karena itu kelompok bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kesehatan ternak. Ternak sakit atau mati sebaiknya diinventarisir, untuk mengantisipasi adanya pemeriksaan/audit. (*)

Penulis: Siti Nuryati

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:187
    Kemarin:2.795
    Total Pengunjung:305.916
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.162.247
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID