Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Finalisasi Rembug Perempuan Kalyanamitra

13 Mei 2023 11:52:10  Administrator  745 Kali Dibaca  Berita Lokal

Bertempat di Kopi Puncak Purwosari Girimulyo, Kalyanamitra mendampingi PKK Kebonharjo dalam finalisasi Rembug Perempuan pada hari Jumat, 12 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya di bulan April. Rembug Perempuan di bulan April  telah menghasilkan beberapa usulan, antara lain: Modifikasi kelas bapak; penanganan dan pencegahan stunting; pencegahan kekerasan perempuan dan anak (fisik, psikis, ekonomi, seksual); Posyandu remaja; Pengolahan empon-empon; Pemasaran produk; Pembentukan Forum UMKM Kebonharjo; fasilitasi perizinan produk; Kios desa/pasar tiban; Bina keluarga sakinah; Pelatihan ekonomi dan usaha; Bina Keluarga Remaja; Bina Keluarga Lansia; SK perlindungan perempuan dan anak; dan Sosialisasi Perkal ODGJ.

Dari 13 usulan tersebut kemudian dianalisis satu persatu dan dikerucutkan menjadi pilihan prioritas berdasarkan kebutuhan paling dekat sehingga disepakati 5 usulan prioritas yaitu: 
1) Posyandu remaja (sosialisasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang) yang terpusat di Kalurahan bukan di tiap padukuhan.

2) Pelatihan pemasaran produk lokal desa secara digital.

3) Sosialisasi pencegahan TPPO bagi kelompok perempuan.

4) Pembuatan SK perlindungan perempuan dan anak.

 5) Pencegahan stunting melalui kelas parenting untuk para bapak. 

Ke-lima prioritas program kemudian dibahas oleh 5 kelompok yang bertugas untuk merumuskan latar belakang masalah, sasaran, tujuan, dan rencana kegiatan.  

Kegiatan Posyandu Remaja  dilatarbelakangi kondisi era digital dimana pengawasan orang tua semakin berkurang, dan kebanyakan anak asik dengan digital yang mengakibatkan mereka kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya. Di sisi lain kemampuan dan pemahaman orang tua tentang digital kurang.Oleh karena itu kegiatan ini bertujuan untuk membina remaja baik dalam memelihara kesehatannya maupun dalam menggunakan media komunikasi secara tepat, efektif, dan efisien. 

Pelatihan Pemasaran Produk secara digital dilatarbelakang kondisi Kalurahan Kebonharjo sebagai wilayah, yang memiliki banyak industri rumahan yang potensial dikembangkan tapi dihadapkan pada banyak kendala sehingga sangat perlu pendampingan, baik dalam pengelolaan maupun pengorganisasian untuk kelangsungan usaha produk.

Sehingga tujuan dari kegiatan ini antara lain: 

1.Mengembangkan potensi penjualan produk baik secara internal maupun eksternal
 
2.Mendapatkan legalitas produk

3. Meningkatkan kemasan produk yang lebih baik

4. Menumbuhkan semangat dan motivasi dalam berwirausaha

5.Memperluas pemasaran produk melalui jejaring media sosial

Sedangkan Sosialisasi TPPO bagi kelompok perempuan dilatarbelakangi masih banyaknya perempuan usia kerja yang tergiur iming-iming, terburu-buru ingin bekerja, kurang teliti menyikapi informasi, maraknya kasus TPPO di sekitar wilayah Kebonharjo sehingga perlu adanya komunikasi, informasi dan edukasi terkait TPPO kepada remaja putri usia kerja. Perlunya sosiasisasi TPPO bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terjadinya TPPO pada remaja putri serta mencegah kekerasan pada perempuan dan anak.
 
Kegiatan yang direncanakan berupa sosialisasi tatap muka yang berisi komunikasi informasi dan edukasi terkait TPPO dan pencegahan/penanganan kekerasan pada perempuan dan anak. Sasaran kegiatan ditujukan kepada remaja putri 15-18 tahun.
 
Pentingnya SK Perlindungan Perempuan dan Anak bertujuan memperkuat perlindungan terhadap perempuan dan anak, memberikan sosialisasi tentang perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak untuk melindungi perempuan dan anak dari berbagai hal kekerasan (KDRT, seksual, dll) serta untuk meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender dan mencegah segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kelas bapak untuk pencegahan stunting dilatarbelakangi karena pada saat ini kebanyakan bapak-bapak kurang peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan anaknya serta masih adanya stigma di masyarakat bahwa urusan anak adalah urusan perempuan/ibu. Kelas parenting bapak bertujuan agar bapak ikut berperan dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, bapak juga mengetahui cara-cara pencegahan stunting sehingga diharapkan dapat mencegah dan mengurangi ibu kelelahan dan stres serta menurunkan resiko terjadinya stunting.

Selain penetapan prioritas kelompok juga sudah menyusun draft proposal yang akan diajukan ke Pemerintah Kalurahan Kebonharjo. (*)

Penulis:Siti Nuryati

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:279
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.786
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.225.21.228
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID