Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Enam Perempuan Kebonharjo Mengikuti Pelatihan Membatik

24 Maret 2023 09:48:55  Administrator  740 Kali Dibaca  Berita Lokal

Enam warga Kebonharjo Mengikuti Pelatihan Membatik yang diselenggarakan oleh Disdagin (Dinas Perdagangan dan Perindustrian) Kabupaten Kulon Progo. Pelatihan bertempat di Galeri IKM Rahayu Batik berlangsung dari tanggal 13 Maret-18 Maret. Pelatihan bertajuk Penumbuhan Wirausaha dibuka pada Senin, 13 Maret 2023 oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kulon Progo. Pelatihan ini merupakan angkatan ke-4 yang diikuti peserta dari 3 kalurahan di wilayah Kapanewon Samigaluh, yaitu Kalurahan Kebonharjo, Banjarsari, dan Purwoharjo. 

Dalam sambutannya, Ir. Sudarna, MMA berharap seusai pelatihan diharapkan akan muncul para usahawan baru di bidang perbatikan. Tingginya prosentase kemiskinan di wilayah Kulon Progo mendorong pemerintah untuk mengalokasikan dana untuk menangani masalah tersebut dengan memberikan pelatihan bagi warga untuk menumbuhkan usaha baru yang diharapkan kelak akan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha. 

Menumbuhkan usahawan baru memang tidak mudah, akan tetapi harus dimulai, demikian ungkapnya. Untuk menjadi usahawan batik memang tidak cukup hanya dengan pelatihan saja, membutuhkan sarana dan prasarana lain, salah satunya adalah tempat yang luas, akan tetapi kondisi di 3 Kalurahan (Kebonharjo, Banjarsari, dan Purwoharjo) masih memungkinkan untuk mengembangkan usaha ini.

Dalam sambutannya, Ir. Sudarna juga berpesan sebagai sesama usahawan batik hendaknya merasa senasib sepenanggungan, bukan untuk bersaing tapi untuk bersanding. Selain itu agar berhasil dalam mengembangkan usaha, para calon usahawan juga harus fokus dan tekun. Dengan menekuni usaha ini diharapkan pendapatan akan meningkat, dan kesejahteraan juga akan lebih baik. 

Dalam pelatihan tersebut keenam peserta dari Kebonharjo menawarkan Candi Pringtali dan Kopi Menoreh sebagai ikon produk batik Kebonharjo. Selain kaya akan filosofi, dengan mengangkat kedua ikon tersebut diharapkan batik juga menjadi sarana pelestarian dan pengenalan budaya bagi masyarakat luas. 

Candi Pringtali sebagai satu-satunya candi yang ada di wilayah Kalurahan Kebonharjo sejauh ini belum begitu dikenal apalagi menjadi kebanggaan bagi masyarakat luas. 

Dalam sambutannya penutupan, panitia penyelenggara mengungkapkan beberapa produk kain batik hasil karya peserta dari Kebonharjo sudah layak jual. 

Pada saat ini beberapa produk hasil pelatihan sudah terjual. Sebagai tindak lanjut pelatihan telah terbentuk kelompok pembatik 'Lestari' dengan kedudukan sekretariat di Padukuhan Kaliduren RT 07.(*)

Penulis: Siti Nuryati 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:303
    Kemarin:532
    Total Pengunjung:308.049
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.186.92
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID