Selamat Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo ke-71, "Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta"

Artikel

Musrenbangkal Perencanaan Kebonharjo sepakati Rancangan RKP 2023 dan DURKP 2024

30 Agustus 2022 09:41:36  Administrator  11 Kali Dibaca  Program Kerja

Berdasarkan siklus perencanaan Kalurahan paling lambat di Bulan Agustus, Kalurahan harus menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (MUSRENBANGKal) Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) untuk tahun depan, maka Pemerintah Kalurahan Kebonharjo pada Senin, 29 Agustus 2022 menyelenggarakan Musrenbangkal RKP 2023. Musyawarah  dihadiri  oleh Panewu Samigaluh, Lurah, unsur Pamong Kalurahan, BPK, tim verifikasi, lintas sektoral, wakil - wakil kelompok masyarakat.

Materi yang dibahas dalam musyawarah  perencanaan  pembangunan  Kalurahan adalah :

  1. Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Tahun 2023 yang terdiri dari rencana penyelenggaraan pemerintah kalurahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat kalurahan, dan bidang penanggulangan bencana, keadaan mendesak, dan darurat lainnya.
  2. Prioritas program dan kegiatan dan kegiatan yang didanai oleh: pagu indikatif kalurahan, pendapatan asli kalurahan, swadaya masyarakat kalurahan, bantuan keuangan dari pihak ketiga, dan bantuan keuangan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan/atau Pemerintah Daerah Kulon Progo.
  3. Daftar Usulan RKP (DURKP) 2024 yaitu Usulan prioritas program dan kegiatan pembangunan desa dan pembangunan kawasan perdesaan kepada Pemerintah, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan/atau Pemerintah Daerah Kulon Progo untuk tahun 2024.

Dalam sambutan pembukaan, Sugimo selaku Lurah Kebonharjo menyampaikan bahwa perencanaan Kalurahan harus sesuai prioritas pemerintah dan mengakomodir aspirasi di tingkat wilayah padukuhan. “Selain pembiayaan dari APBKal kami juga mengusahakan usulan ke pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi. Mohon arahan dan saran dari seluruh stake holder agar hasil pembangunan Kebonharjo di tahun 2023 dapat maksimal, “ ujarnya.

“Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kalurahan Kebonharjo yang telah memenuhi siklus perencanaan, meskipun prioritas Dana Desa tahun 2023 belum resmi dikeluarkan oleh kementrian terkait. Dalam musyawarah ini harus menyepakati prioritas program di tahun 2023, evaluasi capaian tahun lalu, dan pencermatan kegiatan apakah sesuai kewenangan Kalurahan atau tidak, “ ungkap Ridwan Usman Panewu Samigaluh.

Andaryati selaku pendamping lokal desa menambahkan informasi bahwa  belum ada prioritas ada Dana Desa Tahun 2023 tapi Kalurahan harus tetap mengalokasikan anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai, padat karya, dan penanganan stunting serta akan ada musdes terkait kemiskinan ekstreme.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah perencanaan pembangunan Kalurahan menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah perencanaan pembangunan Kalurahan dalam rangka penyusunan rancangan RKP Kalurahan dan DURKP 2023 sebagaimana terlampir.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:144
    Kemarin:303
    Total Pengunjung:65.331
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.237.158
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID