Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Inpres Nomor 4 Tahun 2022 mewarnai MUSKal Perencanaan Kebonharjo

29 Juni 2022 09:58:37  Administrator  452 Kali Dibaca  Program Kerja

Dalam rangka menghapuskan kemiskinan ekstrem di seluruh wilayah Indonesia tahun 2024 perlu sinergi, keterpaduan, kerjasama, antar lembaga/kementerian sehingga dikeluarkan Intruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem tertanggal 8 Juni 2022. Inpres tersebut memberi intruksi kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi yang tentunya berimbas langsung terhadap perencanaan pembangunan di tingkat desa/kalurahan.

Dalam musyawarah Kalurahan (MUSKAL) tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023 di Kebonharjo pada tanggal 20 Juni 2022, Edy Purwanto selaku Ketua BPK Kebonharjo sekaligus pimpinan MUSKAL menyampaikan intruksi tersebut. “Ada 3 (tiga) instruksi presiden yang ditujukan kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi yaitu 1) Menyediakan dan mengelola data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan(SDGs) desa untuk penanganan kemiskinan ekstrem; 2) Menetapkan prioritas penggunaan dana desa untuk bantuan langsung tunai desa dan padat karya; 3)Membina dan menggerakkan Badan Usaha Milik Desa dan Badan Usaha Milik Desa Bersama yang mengelola dana bergulir masyarakat miskin ektrem serta unit usaha berkaitan ketahanan pangan nabati dan hewani. Kami mohon partisipasi partisipasi aktif seluruh peserta untuk menyelaraskan perencanaan tahun 2023 dengan inpres tersebut,” ungkapnya.

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah Kalurahan menyepakati adanya pengalokasian dana desa tahun 2023 untuk pemutakhiran profil desa yang difokuskan untuk pemutakhiran data SDGs desa, pembangunan infrastruktur jalan dengan pola padat karya tunai, bantuan langsung tunai, dan penyertaan modal ke BUM Desa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:357
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.864
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.210.85.205
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID