Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kalyanamitra Tawarkan Mindful Parenting sebagai Solusi Penanganan Stunting

14 Juni 2022 09:11:11  Administrator  439 Kali Dibaca  Berita Desa

Berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah Kalurahan Kebonharjo dan Kalyanamitra pada rapat koordinasi Rumah Desa Sehat dan TPPS (Tim Percepatan Penanggulangan Stunting) Kebonharjo menyepakati perlunya kolaborasi antara Pemerintah Kalurahan Kebonharjo dan Kalyanamitra dalam melaksanakan Kelas Parenting. Tindak lanjut dari kesepakatan ini, maka Kalyanamitra menawarkan  Panduan Mindfull Parenting (pola asuh berkesadaran) sebagai salah satu metode pencegahan dan penanganan stunting yang dapat diterapkan di Kebonharjo. Panduan Mindfull Parenting yang telah disusun masih terbuka dalam mendiskusikan substansinya, sehingga pada Senin (13/06) diadakan Review Panduan Mindfull Parenting yang dihadiri Lurah, Carik, Kamituwa, KPM, Bidan desa, BPK Perwakilan Perempuan Kebonharjo), PLKB Samigaluh), dan sepuluh perwakilan kader padukuhan.

Mengingat Kebonharjo menjadi salah satu kalurahan LOKUS Stunting di Samigaluh, maka memastikan orang tua memiliki metode pola asuh yang tepat menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan akar persoalan Stunting tidak hanya disebabkan dari kurangnya asupan nutrisi dan gizi anak,  melainkan juga adanya pola asuh dari orang tua yang kurang tepat.

Mindfull Parenting merupakan metode, dimana orang tua sadar bahwa mereka bukan hanya menjadi orang tua secara biologis saja, melainkan juga menjadi orang tua psikologis yang mengerti bahwa ada perasaan dan tingkah laku anak yang juga butuh perhatian. Dari pola asuh berkesadaran tersebut, dapat membantu orang tua berupaya lebih optimal untuk memenuhi hak-hak dasar anak khususnya hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan makanan, akses kesehatan, rekreasi hingga hak untuk mendapatkan kesamaan. Memastikan hak dasar anak terpenuhi menjadi penting karena hal ini dapat mempengaruhi tumbuh dan kembang anak ke depannya.

Setelah seluruh peserta setuju terhadap Panduan Mindfull Parenting yang telah disusun Kalyanamitra untuk diterapkan di Kebonharjo, maka Kalyanamitra akan segera melaksanan TOT (training of trainer) panduan tersebut kepada pengurus TPPS dan tendik PAUD di Kebonharjo. Fasilitator TOT menggandeng Padma Adhi Sanjaya, sarjana psikologi yang fokus dalam isu mindfullnes.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:292
    Kemarin:418
    Total Pengunjung:291.799
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.147.110.47
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID