Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Rembug Stunting Forum Perencanaan Konvergensi Stunting

23 Mei 2022 09:19:22  Administrator  462 Kali Dibaca  Program Kerja

Pemerintah Kalurahan Kebonharjo menyelenggarakan rembug stunting tahun 2022 untuk menggali usulan kegiatan pencegahan dan penanganan stunting di tahun 2023. Acara terlaksana pada Kamis, 19 Mei 2022 di Pendopo Kalurahan Kebonharjo. Rembug stunting dihadiri dari unsur pemerintah kalurahan, PLKB Samigaluh, puskesmas, kader pembangunan manusia (KPM), BPKal, PKK, kader yandu, tendik PAUD, TPPS, dukuh, dan tim pendamping keluarga .

Lurah Kebonharjo Sugimo menyampaikan bahwa pengurangan angka stunting memerlukan sinergi berbagai pihak mulai tingkat kalurahan sampai tingkat nasional. "Kami berharap forum rembug stunting ini dapat memutuskan usulan kegiatan yang mampu mengatasi permasalahan stunting di Kebonharjo. Karena keterbatasan kemampuan APBKal maka beberapa kegiatan pencegahan stunting seperti sanitasi yang layak akan kami usulkan menggunakan APBD," ujar Sugimo.

Sri Prihatin dari PLKB mengusulkan kegiatan pencegahan stunting dengan sasaran remaja pranikah meliputi keg KIE elsimil dan edukasi kesehatan pada remaja untuk kesiapan memiliki keturunan yang sehat.

Sesuai  target nasional tahun 2024 angka stunting maksimal 14 persen, maka di Kebonharjo yang memiliki angka stunting  19 persen per Februari 2022 perlu pencegahan dan penanganan yang cepat dan tepat. Siti Nuryati selaku KPM memaparkan permasalahan yang ada di Kebonharjo  pada ibu antara lain layanan nifas belum tiga kali periksa, masih ditemui bumil KEK, risti, dan anemia. Orang tua balita usia 0-2 tahun belum melakukan konseling gizi dan kelas pengasuhan sebulan sekali serta cakupan PAUD untuk anak usia 2-6 tahun masih rendah.

Hasil FGD rembug stunting menyepakati beberapa usulan kegiatan penanganan stunting untuk perencanaan tahun 2023 meliputi pengefektifan posyandu sebagai tempat konseling gizi dan kelas pengasuhan, pelayanan nifas oleh bidan desa, pembinaan PUS oleh Pokja 1 PKK, kunjungan bumil risti oleh Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS) serta kelas bumil dengan melibatkan suami.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:311
    Kemarin:346
    Total Pengunjung:307.137
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.223.172.252
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID