Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

PKK Kebonharjo Sinau Bareng tentang Gender bersama Kalyanamitra

02 April 2022 08:04:51  Administrator  434 Kali Dibaca  Program Kerja

Selasa, 29 Maret 2022.

Bertempat di Balai Kalurahan Kebonharjo Kalyanamitra mengadakan Sinau bareng dengan perwakilan PKK dari 10 pedukuhan yang ada di wilayah Kalurahan Kebonharjo. Sinau bareng dibuka dengan menuliskan harapan dan kekuatiran peserta pada hari itu. Sebagian peserta berharap bisa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru terkait dengan masalah gender. Setelah Sinau Bareng  peserta berharap bisa menerapkan pengetahuan yang diperolehnya dalam keluarga dan masyarakat. 

Sinau Bareng dilanjutkan dengan menuliskan tentang pemahaman peserta terhadap perempuan dan laki-laki. Perempuan dan laki-laki didefinisikan secara sex (kodratnya sebagai pemberian Tuhan) dan gender yang dibentuk/dikonstruksi oleh masyarakatnya. 

Perempuan dan laki-laki sebagai jenis kelamin dibedakan berdasar ciri biologis yang melekat pada diri mereka sebagai karunia Tuhan yang berlaku kapan saja dan di mana saja.

 Sedangkan menurut gender, perempuan dan laki-laki dibedakan menurut peran dan fungsi sosialnya yang dibentuk oleh adat istiadat pada kelompok masyarakat tertentu dan dapat dipertukarkan. Baik laki-laki maupun perempuan keduanya punya potensi dan kemampuan yang sama dan berlaku pada tempat dan waktu tertentu.
 
Adanya ketidakadilan gender di masyarakat sering berakibat munculnya marginalisasi, subordinasi, stereotipe/labeling negatif, kekerasan dan beban ganda pada perempuan. 

Di sisi lain, pelanggengan gender terus berlanjut baik di keluarga, masyarakat maupun negara. Proses pelanggengan terjadi melalu melihat dan mendengar, mengamati, mengalami, meniru, mengadaptasi, meyakini, dan melakukan.

Sinau Bareng diakhiri dengan menuliskan kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan peserta. Sinau Bareng hari itu berlangsung dalam suasana terbuka, akrab, dan menyenangkan bagi seluruh peserta. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:994
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:303.928
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.190.219.65
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID