Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Kelompok Tani Tri Marsudi Tomo selenggarakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

20 Maret 2022 15:16:10  Administrator  69 Kali Dibaca  Program Kerja

Kelompok Tani Tri Marsuditomo yang berada di Pedukuhan Kaliduren  Kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh menyelenggarakan  pelatihan pembuatan pupuk organik dari kotoran kambing. Pelatihan diikuti seluruh anggota dengan  narasumber Ponimin dari BPP Samigaluh. Menempati rumah Bapak Suyanto warga Kaliduren, acara terselenggara pada Kamis, 17 Maret 2022.

"Sebagian besar anggota mempunyai hewan ternak kambing. Namun kotoran kambing belum diolah semaksimal mungkin karena keterbatasan pengetahuan. Biasanya kotoran kambing langsung dibawa ke ladang dan hasil kurang begitu maksimal sehingga menjadi keluh kesah kelompok tani yang biasanya mengandalkan pupuk pabrik. Hal inilah yang melatarbelakangi kami untuk mengadakan pelatihan, " ungkap Slamet Hidayat ketua KT Tri Marsuditomo.

Pada saat pelatihan Lurah Kebonharjo, Sugimo mengucapkan terima kasih kepada BPP Samigaluh serta menyampaikan permohonan bimbingan dari BPP untuk kelompok tani Tri Marsuditomo di Padukuhan Kaliduren agar bisa menjadi contoh bagi kelompok tani lainnnya. 

Ponimin selaku narasumber memberi arahan dan bimbingan serta praktek dalam pembuatan pupuk organik. Langkah pertama menyiapkan alat dan bahan meliputi ember, cangkul, terpal, 1/2-1 ton kotoran kambing, 200 kg abu/sekam/bekas gergajian, 200 kg kapur pertanian atau dolomit, dan 1 botol EM4.

Pupuk organik yang telah dibuat akan dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman  pada masyarakat setelah tahapan uji coba. Parameter kualitas pupuk organik yang dianalisis antara lain pH, C-organik, N, P, K, rasio C/N, dan kadar air. Pupuk yang telah matang memiliki ciri-ciri, yaitu berwarna coklat tua hingga hitam, remah, memiliki suhu ruang, dan tidak berbau. Ada tiga tahap pelaksanaan pembuatan pupuk organik, yaitu tahap pengumpulan kotoran kambing dan sisa – sisa makanan, tahap fermentasi, dan tahap uji coba.

Penulis : Tatik Purwantari

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:447
    Kemarin:284
    Total Pengunjung:19.774
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.205.176.39
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID