Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Pendidikan Karakter dengan Khataman Al Qur'an bersama SD Muhammadiyah Jarakan

02 Desember 2022 13:08:08  Administrator  744 Kali Dibaca  Berita Lokal

WATES, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan acara Khataman Al-Quran bagi Siswa Kelas VI SD/MI se Kabupaten Kulon Progo di Gedung Kesenian Kulon Progo, pada hari Rabu, 30 November 2022. Jumlah peserta 3.600 anak, diantaranya dari SD Muhammadiyah Jarakan dengan jumlah anak kelas VI ada 8 anak dan yang sudah khatam Al Qur'an ada 7 anak.

Acara tersebut merupakan perwujudan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter. Pengelolaan Pendidikan Karakter bermaksud menanamkan nila-nilai karakter pada diri peserta didik. Peserta didik kelas IV SD/MI di Kabupaten Kulon Progo yang beragama Islam harus bisa mencintai Al-Quran dapat khatam Al-Quran, tidak melupakan Pancasila sebagai filosofi nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia, dapat mencintai budaya yang ada melalui pendidikan kemataraman.

Tujuh anak SD Muhammadiyah Jarakan terdiri dari 5 anak perempuan ( Miranti, Windy, Via, Vina dan Tika) sedangkan yang laki-laki ( Fadli dan Dhony). SD Muhammadiyah Jarakan yang terletak di Kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh dengan geografis pegunungan bisa ikut dalam acara khataman Al Qur'an sekabupaten Kulon Progo. Mereka sangat berantusias dan dengan dorongan orangtua juga support guru mereka dapat mengkhatamkan Al Qur'an. Sedang yang belum semoga segera dapat menyelesaikan.“Marilah kita bersama-sama untuk berupaya mengamalkan Al-Qur'an.  Saya mendoakan semoga anak-anak  menjadi anak yang soleh dan sholihah yang berakhlak mulia” papar ibu Sarijah, S.Ag selalu guru ismuba. Dan tentu dengan bimbingan tadarus setiap pagi oleh Bapak Susanto di mana di SD Muhammadiyah Jarakan dijadikan suatu pembiasaan untuk bertadarus bersama.


Di kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Tatik Purwantari, S.Pd mengungkapkan  peserta didik di SD Muhammadiyah Jarakan dapat menjadi generasi penerus yang cerdas serta berkarakter. Cerdas dalam segala hal bukan hanya intelek saja namun juga berbudi pekerti luhur, religius dan berwawasan kebangsaan.


“Alhamdulillah sudah khatam Al-Qur’an, Saya ingin menjadi anak yang lebih baik lagi. Tetap rajin belajar, mengaji dan berusaha untuk dapat diterima di SMP yang saya cita-citakan.” tambah Via.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.558
    Kemarin:488
    Total Pengunjung:305.492
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.188.44.223
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID