Tema Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023: “KOBARKAN BELA NEGARA UNTUK INDONESIA MAJU”

Artikel

Kunjungan Direksi Pertamina Ke Kebonharjo

18 September 2021 22:28:28  Administrator  399 Kali Dibaca  Berita Desa

Perubahan lingkungan membawa situasi yang kurang menguntungkan bagi umat manusia yang tinggal di planet  bumi ini. Ditandai dengan berbagai dampak yang muncul seperti kekeringan, longsor, badai dan bencana alam lainnya. Berbagai upaya penyelamatan lingkungan telah dilakukan oleh berbagai kalangan agar dapampak perubahan iklim mampu dikendalikan secara bersama sama. Kalurahan Kebonharjo akan ambil peran karena berada di kawasan perbukitan Menoreh, dimana sebagai  bagian penyangga kehidupan sumber daya air.

Saat ini sedang dirancang oleh Dinas Lingkungan Hidup DIY, Balai Serayu Opak, Pemerintah Kapanewon Samigaluh, Kalurahan Kebonharjo dan warga Padukuhan Gowok ihtiar tersebut. Melalui kelompok Tani Gotro  gerakan lingkungan yang memakmurkan dengan penananman pohon durian dan alpokat dilahan milik warga akan dimulai. Pertamina Geothermal Energy akan melakukan proyek dan  pendampingan selama 3 tahun kedepan.

Dalam kunjungannya Ahmad Yuniarto selaku Direksi Pertamina Geothermal Energy pada Sabtu 18 September 2019 menyampaikan sangat senang bisa mengunjungi lokasi kegiatannya di perbukitan Menoreh. Beliau menyampaikan bahwa pendekatan kebudayaan (salah satunya budaya pertania mananam pohon-red) dalam pembangunan perlu digali, karena sebenarnya banyak tradisi warga merupakan aksi nyata penyelamatan lingkungan. Tranfer pengetahuan yang dilakukan warga melalui cerita tidak melalui tulisan, sehingga kita perlu belajar kembali menggali pengetahuan tersebut.

Dalam kesempatah tersebut Rohmad Ahmadi Selaku Lurah Kebonharjo memberikan kenang-kenangan berupa buku yang bejudul "Ngrekso Kebonharjo " yang mempunyai spirit yang sama dalam pendekatan pembangunan Kebonharjo melalui kebudayaan.

Dalam kunjungan tersebut disambut oleh  perwakilan Pemerintah Kapanewon Samigaluh, Pemerintah Kalurahan Kebonharjo dan warga Padukuhan Gowok dengan menjalankan protokol kesehatan ketat dalam kerangka pencegahan penyebaran virus Covid 19.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jln. Ngori Pelem Dukuh, Dusun Kleben,Kebonharjo, Samigaluh,Kulon Progo
Kalurahan : Kebonharjo
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 082134940202
Email : pemdeskebonharjo@gmail.com

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:275
    Kemarin:532
    Total Pengunjung:308.021
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.253.161
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID